BREAKING NEWS
 

Etika Politik Nabi Muhammad SAW

Kedudukan Golput (2)

Kamis, 2 September 2021 06:15 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran se­orang pemimpin sangat menentukan ketenteraman hidup terutama dalam masyarakat yang heterogen.

Baca juga : Kedudukan Golput

Soal teknis pemi­lihan pemimpin atau kepala negara tergan­tung musyawarah dan persepakatan para tokoh masyarakat yang di kalangan ulama fikih siyasah biasa disebut al-ahwal al-syakhshiyyah. Apakan nanti kelompok ini menyarankan penunjukan atau pemilihan melalui sistem formatur, berdasarkan perwaki­lan, atau pemilihan secara langsung.

Baca juga : Tantangan Kelas Menengah Santri

Dalam praktek negara modern, ada yang memilih parlemen sebagai wakil rakyat lalu perlemen mendapatkan mandat rakyat yang diwakilinya untuk memilih pemimpin/kepala negara. Ada juga tetap ada parlemen tetapi masyarakat juga diberikan hak untuk langsung memilih pemimpinnya.

Adsense

Baca juga : Menghitung Santri Kelas Menengah (2)

Ini semua soal teknis, yang pent­ing etika politiknya, ada hak suara dari masyarakat untuk menentukan pemimpinnya, baik langsung maupun tidak langsung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense