Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (5)

Senin, 23 Agustus 2021 06:05 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Seperti yang pernah ditulis Saletore pada abad pertengahan, masyarakat Islam memberikan kedudukan yang tinggi pada ulama, karena kemampuan pengetahuan keagamannya.

Baca juga : Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (4)

Ulama atau kiai sebagai bagian masyarakat yang diharapkan mengambil peran-peran tidak hanya dalam persoalan keagamaan, tetapi juga peran-peran dalam kehidupan lainnya, di antaranya dalam sosial-politik, sebagaimana pada zaman kolonialisme. Hal ini disebabkan ulama atau kiai merupakan tokoh agama yang mempunyai pengaruh terhadap masyarakat.

Baca juga : Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (3)

Di Banten misalnya, peran ulama pada masa kesultanan jelas bergerak tidak terbatas hanya pada lembaga-lembaga pendidikan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tetapi juga memegang peranan penting dalam kelembagaan hukum Islam, tegasnya peradilan agama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.