Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (9)

Menghitung Santri Kelas Menengah (2)

Senin, 30 Agustus 2021 06:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dengan tampilnya segelintir kiai di panggung politik, maka Pemerintah kolonial Belanda bisa menolak tudingan masyarakat Eropa, bahwa Belanda menjalankan politik rasialis.

Baca juga : Menghitung Kelas Menengah Santri (1)

Komunitas pesantren kini sudah mulai merambah kelas menegah Indonesia dalam berbagai segmen. Di antara para santri sudah banyak menyandang bintang (jenderal) di berbagai kesatuan TNI dan Polri, sudah banyak menduduki jabatan rektor bahkan menteri.

Baca juga : Peran Santri Kontemporer (3)

Sudah banyak sekali yang menjadi anggota legislatif, diplomat karier, menembus peluang karier internasional di manca negara, yang pasti kalau dahulu komunitas santri kebanyakan hanya mustahiq (penerima zakat) dan paling banter sebagai nadzir (penyelenggara dan pengurus tanah dan harta waqaf) atau mauquf ‘alaih (pengguna hasil keuntungan waqaf produktif yang diterima dari nadzir), kini sudah banyak sebagai muzakki (pembayar zakat) dan sebagai waqif (pemberi waqaf).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.