BREAKING NEWS
 

Papeda Dan Barapen, Nikmatnya Kuliner Khas Papua Pengganti Nasi

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 5 Maret 2023 21:37 WIB
Papeda dan ikan kuah kuning, padanan pas untuk menu pengganti nasi. (Foto: Nusa Noferi Anjala/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kuliner khas Papua, menjadi salah satu daya tarik luar biasa Bumi Cenderawasih. Beragam menu khas provinsi di wilayah timur Indonesia, sukses membuat lidah berdansa. Enak dan penuh gizi.

Tak heran, peminat kuliner Papua semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini diakui Franandez, Owner Resto Yougwa Danau Sentani, Senayan Park LG Floor, satu-satunya resto Papua yang ada di mall.

“Saat ini, peminat kuliner Papua memang terus bertambah. Jam makan siang, resto kami lumayan ramai. Pengunjung datang dari berbagai kalangan,” ujar Franandez kepada RM.id.

"Kami sengaja buka resto ini di dalam mall, karena ingin mempopulerkan kuliner khas Papua. Sudah dua tahun, kami buka di Senayan Park," imbuhnya.  

Baca juga : PSSI Gelar Sarasehan, Erick Thohir Mau Dengar Aspirasi Klub

Salah satu menu yang ikonik adalah papeda atau bubur sagu. Di Papua, papeda adalah makanan pokok, yang merupakan sumber utama karbohidrat.

Di Resto Yougwa Danau Sentani, papeda yang rasanya tawar, dipadukan dengan ikan kerapu kuah kuning. Dengan daging yang lembut dan bumbu khas Papua yang lezat, serta taburan cabe rawit utuh. Benar-benar menggoda selera. Ikannya fresh, didatangkan dari Papua.

Adsense

Cara makannya, tempatkan kuah ikan di piring terlebih dahulu. Baru setelah itu, papeda diambil dengan menggunakan dua sumpit mirip garpu. Digulung dan disisihkan, lalu letakkan di piring yang telah diisi kuah ikan. “Supaya nggak lengket,” kata Franandez.

Berbagai sumber menyebut, papeda memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Selain sebagai sumber karbohidrat, sagu pada papeda juga mengandung antioksidan, menurunkan risiko diabetes, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menekan risiko hipertensi.

Baca juga : Resto Yougwa Danau Sentani Senayan Park, Tempat Asyik Nyicip Kuliner Khas Papua

Barapen

Tradisi Barapen atau pesta bakar batu merupakan tradisi memasak dan mengolah makanan untuk hidangan pesta. Mulai dari umbi-umbian, sayur-sayuran, dan daging. Tanpa minyak. Ini adalah salah satu keunikan budaya Papua.

 

 

Baca juga : Penentuan Bahaya Tidaknya Zat Kimia Pada Kemasan Perlu Kajian Ilmiah

Di Resto Yougwa Danau Sentani, Anda bisa menikmati barapen yang ditempatkan di wadah mirip panci magic com, yang dilapisi daun pisang. Isinya, singkong, ubi ungu, aneka daun seperti daun ubi dan daun singkong serta potongan daging ayam dengan bumbu khas yang maknyus.

Singkong dan ubi ungunya, adalah menu pengganti karbohidrat. Cukup dengan menyantap isi pot barapen itu, Anda sudah kenyang berbonus sehat. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense