Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rayakan HPN 2023 Bareng Wartawan

Ketua KPK: Karena Anda, Kami Ada

Kamis, 9 Februari 2023 19:51 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri bersama Wakil Ketua KPK Johanis Tanak merayakan HPN bersama wartawan, di press room KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/2). (Foto: Madala/Magang)
Ketua KPK Firli Bahuri bersama Wakil Ketua KPK Johanis Tanak merayakan HPN bersama wartawan, di press room KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/2). (Foto: Madala/Magang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2023, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak wartawan untuk merayakannya bersama.

Perayaan yang terlaksana di ruang wartawan Gedung merah Putih KPK ini dihadiri oleh Ketua KPK Firli Bahuri, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati serta beberapa wartawan.

Dalam acara yang sederhana ini, tim Humas KPK telah menyiapkan sebuah kue ulang tahun yang bertuliskan "Selamat Hari Pers Nasional" yang diletakkan di sebuah meja.

"Kita merayakan kegiatan ini tentu dengan cara sederhana, tetapi tidak mengurangi rasa nikmat kita, bersyukur bahwa 77 tahun rekan-rekan wartawan mengabdi untuk bangsa dan negara," ujar Firli. 

Dia kemudian menyampaikan terima kasih kepada para wartawan atas kontribusi dan bantuan konsisten, yang selama ini dilakukan terhadap KPK untuk memberantas korupsi dengan memberikan pemahaman tentang apa korupsi.

Baca juga : Hadiri Puncak HPN 2023, Ketua MPR Dorong Profesionalisme Insan Pers

Sekaligus, memberikan ajakan kepada masyarakat dan anak bangsa untuk tidak melakukan korupsi.

"Karena Anda ada, kami ada. Kami pun ada karena Anda. Tiada kata lain selain sukses kita adalah sukses kita bersama," ungkap Firli kepada para wartawan, Kamis (9/2).

Ia juga mengungkapkan, pers berperan besar untuk turut memonitor dan menjaga transparansi tata kelola pemerintahan untuk menutup peluang atau celah terjadinya korupsi.

Bahkan, wartawan kerap turut membantu mencari informasi kasus korupsi yang dibutuhkan KPK yang diyakini sebagai upaya pencegahan serta penindakan korupsi secara cepat, tepat, terukur, efisien dan efektif.

Terlebih lagi, di tengah era digital, peran dan kontribusi pers untuk menjaga kredibilitas berita atau informasi dalam memerangi hoax tidak dapat tergantikan.

Baca juga : Rayakan Natal Dan Imlek, Ikatan Alumni FH Trisakti Berbagi Bersama Anak Panti Asuhan

Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari ini bertepatan dengan tanggal berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yaitu pada 9 Februari 1946 dalam Kongres PWI ke-28 di Padang, Sumatera Barat.

Pada tahun ini, peringatan Hari Pers Nasional mengusung tema Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat dengan memiliki maskot yaitu harimau yang mengenakan Baru Ohalu yang merupakan pakaian adat Nias, memegang pena merah serta berkalung kamera.

Sementara itu puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2023 ini dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagai penutup, Firli mengungkapkan, pers telah memberikan andil besar untuk mewujudkan tujuan negara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Begitu banyak negara telah memberi sesuatu kepada kita, saatnya sekarang kita memberi sesuatu kepada negara," tandasnya.

Baca juga : Ramaikan Japan Travel Fair 2023, Bank Mandiri Genjot Transaksi Kartu Kredit

Menutup acara, Firli dan Tanak memotong kue. Lalu, memberikannya kepada perwakilan wartawan. Keduanya juga sempat menyuapi wartawan senior di KPK. [Madala/MG]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.