BREAKING NEWS
 

Wagub Cari Donatur Buat Bangun Septic Tank

Ih, Ribuan Warga Jakarta Masih BAB Sembarangan

Reporter & Editor :
APRIANTO
Kamis, 25 November 2021 06:45 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Mamad mengatakan, pihaknya berencana membangun septic tank di Kecamatan Ciracas melalui bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta PAL Jaya dan unit terkait.

Sanitasi Jakbar Bagus

Sebanyak 10 dari 56 kelurahan di Jakarta Barat (Jabar) kini sudah memasuki tahap deklarasi dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Dalam program STBM terdapat empat proses yakni sosialisasi, pemicuan, verifikasi, dan deklarasi.

Baca juga : Warga Jakarta Diminta Sabar

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Kristy Wathini menjelaskan, tahap deklarasi merupakan wilayah kelurahan yang telah memiliki sanitasi baik.

“Kelurahan tersebut sudah tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan. Jadi mereka sudah punya jamban yang sehat,” ujarnya.

Adapun kelurahan yang sudah memasuki tahap deklarasi antara lain Sukabumi Utara, Duri Utara, Tanjung Duren Selatan, Meruya Selatan, Taman Sari, Kalideres, dan Srengseng.

Baca juga : Jadi Senator Termuda Sepanjang Sejarah, Jialyka Maharani Diganjar MURI

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menilai, banyak rumah di Jakarta yang tidak memiliki septic tank karena Pemprov DKI tidak memiliki rencana induk tata kota yang baik soal sanitasi.

“Jakarta sampai sekarang tidak memiliki rencana induk yang menyeluruh. Sehingga penanganan sanitasi termasuk pengadaan septic tank dilakukan parsial, tidak terencana matang,” kritik Nirwono.

Dia menyarankan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air segera menyusun Rencana Induk Jaringan Pengolahan Air Bersih (RIJPAB) dan Air Limbah Terpadu (ALT). Dalam pedoman tersebut akan terlihat rencana pembangunan perpipaan air bersih dan air limbah. Serta, rencana pembangunan instalasi pengolahan air limbah terpadu/komunal, dan rencana pembangunan septic tank komunal. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense