BREAKING NEWS
 

Wagub Cari Donatur Buat Bangun Septic Tank

Ih, Ribuan Warga Jakarta Masih BAB Sembarangan

Reporter & Editor :
APRIANTO
Kamis, 25 November 2021 06:45 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan keluarga di Jakarta belum memiliki WC dan septic tank di rumahnya. Akibatnya, mereka buang air besar (BAB) sembarangan, misalnya ke kali dan saluran air.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengimbau warga bergotong-royong mengatasi masalah sanitasi lingkungan.

“Warga yang mampu membantu warga yang tidak mampu, saya kira itu baik ya. Di antaranya soal itu (batuan) septic tank,” ujar Riza, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Warga Jakarta Diminta Sabar

Riza mengungkapkan, pihaknya sedang mencari donatur untuk membangun septic tank komunal. Kebutuhan itu harus dipenuhi. Jika dibiarkan, limbah kotoran manusia yang dibuang di saluran air bisa merusak lingkungan dan berpotensi menimbulkan penyakit.

“Pak Camat dan Lurah setempat akan mencarikan solusi dengan cara menghimpun dana donatur dari warga,” imbuhnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur berjanji mencari solusi atas permasalahan sanitasi di permukiman warga Kelurahan Rambutan dan Ciracas, dengan mengajak dialog seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga : Jadi Senator Termuda Sepanjang Sejarah, Jialyka Maharani Diganjar MURI

Di dua kelurahan tersebut, tercatat ada 544 kepala keluarga (KK) menempati rumah yang belum memiliki septic tank. Mereka tinggal di bantaran Kali Cipinang, Jakarta Timur. Selama ini warga buang air besar langsung ke kali.

Sekretaris Kota Jakarta Timur, Fredy Setiawan menegaskan, pihaknya memberikan perhatian serius terhadap masalah tersebut. Pihaknya akan melakukan pengecekan ke permukiman warga.

“Kami punya Program Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Nanti kami bangun septic tank komunal di wilayah permukiman yang warganya masih membuang tinja ke kali. Itu memungkinkan karena kami punya program itu,” katanya.

Adsense

Baca juga : Rakyat Masih Belum Puas

Untuk merealisasikannya, lanjut Fredy, pihaknya tidak hanya melibatkan Sudin Kesehatan, tapi bisa bermitra dengan pihak ketiga. Camat Ciracas, Mamad mengamini banyak rumah warga di wilayahnya belum memiliki septic tank.

“Warga punya jamban tapi kotorannya disalurkan ke kali,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense