Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Senator Termuda Sepanjang Sejarah, Jialyka Maharani Diganjar MURI

Kamis, 28 Oktober 2021 18:05 WIB
Senator Jialyka Maharani menerima penghargaan MURI/Ist
Senator Jialyka Maharani menerima penghargaan MURI/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan Anggota DPD dan MPR Termuda Sepanjang Sejarah. Gelar itu diberikan kepada Anggota DPD yang juga MPR asal Provinsi Sumatera Selatan, Jialyka Maharani.

Pemberian penghargaan itu bertepatan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun.

Jialyka merupakan Senator berusia 24 tahun. Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh Pihak MURI di Kompleks MPR, DPR dan DPD Jakarta, yang dihadiri langsung Sekjen DPD Rahman Hadi dan Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono, Kamis (28/10).

“Hari ini MURI memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Ibu Jialyka Maharani sebagai anggota DPD dan MPR termuda," ujar Triyono selaku Manajer MURI.

Baca juga : Investor Tak Sabar Nusantara Sawit Sejahtera Melantai Di Bursa

MURI berpikir, rekor ini akan sulit ditumbangkan. MURI sangat mengapresiasi dan berharap dapat menjadi role model dan inspirasi bagi generasi muda lainnya.

Senada disampaikan Sekjen DPD Rahman Hadi. Dia bilang, rekor MURI ini akan sulit dipecahkan lagi, kecuali jika regulasi diubah karena usia anggota DPD dan MPR Jialyka Maharani berada di batas usia minimal pencalonan, sebgaimana ditetapkan oleh Undang-undang.

Jialyka, yang lahir 20 September 1997 itu menyampaikan, penganugerahan dan penghargaan tersebut merupakan kado untuk seluruh pemuda di Indonesia yang saat ini sedang memperingati Hari Sumpah Pemuda. 

"Tepat 93 tahun yang lalu, di hari ini, ada Jong Sumatera, Jong Ambon, Jong Java, dan Jong Celebes berkumpul sebagai pemuda. Mereka meninggalkan ego masing-masing untuk bersatu demi Indonesia," katanya.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan 3 Tersangka Suap Di HSU

Pada kesempatan ini, Jialyka juga mendorong agar generasi muda dapat terjun ke dunia politik dan ikut bergabung dalam pembangunan Indonesia. 

Menurutnya, usia muda tidak menjadi kendala bagi seseorang untuk terjun ke dunia politik. Jialyka mencontohkan bagaimana Presiden Soekarno terjun ke dunia politik di saat usianya masih belasan tahun. 

“Saya harap melalui momen ini, akan semakin banyak anak muda yang tergerak hatinya untuk berkecimpung ke dunia politik, serta berkolaborasi bersama mewujudkan Indonesia maju,” harapnJialyka.

Terlebih, pada tahun 2030-2040, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Pada masa itu, jumlah penduduk usia produktif akan lebih banyak dari jumlah penduduk usia non-produktif. Yang artinya, jumlah angkatan kerja akan melimpah ruah. Untuk menghadapinya, maka diperlukan persiapan yang matang sejak sekarang.

Baca juga : Tingkatkan Transparansi, Apical Perbaharui Fitur Situs Web

"Pada 20 tahun mendatang, Indonesia akan memperoleh bonus demografi. Pada masa tersebut, usia produktif 80 persen dan mendominasi. Kalau tidak ada representasi generasi muda tersebut di parlemen, maka kita akan kehilangan momen itu," kata Jialyka.

Dia juga mengajak lembaga DPD maupun MPR dan teman-teman mahasiswa yang hadir, berkontribusi memberikan ruang untuk anak muda agar bisa terjun ke dunia politik.

“Harapan saya, anak muda Indonesia bisa menerapkan kolaborasi dalam membangun bangsa," ujar Komite I DPD ini.

Sekadar informasi, Jialyka Maharani juga pernah meraih penghargaan dari Moeslem Choice Award dalam kategori democracy award atas prestasinya sebagai anggota DPD dan MPR termuda di Indonesia. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.