BREAKING NEWS
 

Kalah Memikat Dibandingkan Puncak Bogor

Duh, Ada Warga Jakarta Tidak Tahu Pulau Seribu

Reporter & Editor :
APRIANTO
Senin, 24 Januari 2022 07:07 WIB
Destinasi Kepulauan Seribu tidak masuk dalam daftar 10 besar untuk pelesiran. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

 Sebelumnya 
Revitalisasi Pelabuhan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, tahun ini pihaknya akan merevitalisasi pelabuhan di empat pulau. Kegiatan tersebut sebelumnya telah dianggarkan pada tahun 2021, namun tidak bisa di­realisasikan karena kena refocusing akibat pandemi Covid-19.

“Kami akan melakukan revitalisasi pelabuhan di Pulau Pramuka dengan anggaran sebesar Rp 78 miliar, di Pulau Sebira sebesar Rp 69 miliar, di Pulau Tidung Rp 54 miliar, dan di Pulau Kelapa Rp 52 miliar,” katanya.

Baca juga : Jangan Nekat Timbun Migor 1 Harga, Bisa Dipenjara 5 Tahun Atau Denda Rp 50 M

Syafrin juga menjelaskan, anggaran tersebut termasuk di dalamnya untuk membuat kantor, ruang tunggu, dermaga pelabuhan, pos penjaga, instalasi pembuangan air limbah, sea water reverse osmosis untuk pengadaan air bersih dari air laut menjadi air tawar, rumah dinas, area parkir dan area terbuka.

Dilansir dari situs jakarta.go.id, Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang masuk ke dalam administrasi Pemprov DKI Jakarta. Kepulauan Seribu memiliki total wilayah seluas 4.745,62 Kilometer persegi (Km2) yang terdiri dari 8,76 kilometer per segi daratan, dan lebih dari 110 pulau.

Kepulauan Seribu terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Wilayah ini terbagi menjadi enam kelurahan, yaitu Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.

Baca juga : Dosen Mercu Buana, Tingkatkan Kemampuan Guru di Wilayah Jakarta Barat Secara Digital

Kepulauan Seribu dihuni penduduk multi etnis dari berbagai latar belakang agama, adat istiadat, serta seni budaya. Kepulauan Seribu memiliki keindahan alam laut dan pulau-pulau yang menarik banyak pengunjung domestik dan internasional.

Bagi yang ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu, ada banyak pulau yang dapat didatangi. Beberapa pulau yang menjadi unggulan untuk berwisata yakni Pulau Bidadari. Pulau ini memiliki fasilitas penginapan dan restoran. Untuk ke sini, bisa ditempuh dengan waktu 25 menit dari Marina Ancol. Kemudian, Pulau Onrust, pulau ini memiliki peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda.

Selain itu, Pulau Macan. Di pulau ini, wisatawan bisa memandang panorama matahari terbenam dari dalam kamar resort. Serta Pulau Ayer, pulau ini dahulu sempat menjadi tempat peristirahatan pribadi Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense