BREAKING NEWS
 

Pak JK Merasa Gaji Wapres Tidak Cukup

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : ADITYA NUGROHO
Selasa, 30 Juli 2019 11:57 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Wapres Jusuf Kalla (JK) buka-bukaan soal gaji yang diterimanya. Dengan mimik muka serius, JK mengaku gajinya itu, tidak cukup. Beruntung, kata JK, istrinya seorang pengusaha sehingga masalah ekonomi keluarga tetap aman.

Curhat JK soal gaji itu disampaikan saat memberi sambutan di acara rakernas Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi), di Kemayoran, Jakarta, kemarin. Dalam pi da tonya, JK mendorong para pengusaha, terutama kaum muslimah terus mengembangkan usahanya.

JK lalu bercerita tentang dua perempuan yang menopang kehidupannya. Mereka adalah istrinya, Mufidah Kalla, dan ibunya, Athirah Kalla. Peran istrinya itu terlihat saat menopang ekonomi. keluarga. Kata JK, penghasilannya sebagai Wapres itu tak seberapa. Tak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Saya ini kalau dihitung penghasilan sebagai wapres, tidak bisa berjalan dengan baik, tanpa dukungan istri yang juga pengusaha. Jadi, biaya keluarga lebih banyak didukung penghasilan istri saya sebagai pengusaha,” kata Ketua Palang Merah Indonesia itu.

Baca juga : Tak Ada Larangan bagi Wapres Ngantor Pakai Sarung

Selain istri, JK mengatakan, kesuksesan nya sebagai pengusaha juga tak lepas dari dukungan ibunya. Kata JK, tanpa dukungan dua perempuan itu, dirinya tak akan berhasil menjadi pengusaha.

“Secara pribadi saya bisa berdiri di sini karena dua pengusaha wanita muslimah. Ibu saya dan istri saya itu,” ujarnya.

Adsense

JK mengatakan, ibunya berperan penting saat keluarganya mengalami kesulitan ekonomi akibat krisis dunia. Saat itu, ibunya memiliki usaha dengan berjualan barang-barang tertentu.

“Pada waktu ekonomi keluarga krisis, maka yang maju adalah ekonomi ibu saya. Dialah yang mendukung kami semua,” ungkapnya.

Baca juga : BPH Migas Cek Kesiapan Pertamina Hadapi Arus Balik

Berapa gaji JK sebenarnya? Jika merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/ Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden, disebutkan gaji Wapres adalah empat kali gaji pokok tertinggi pejabat di Indonesia selain Presiden dan Wapres.

Namun, gaji pokok tersebut belum termasuk sejumlah tunjangan yang diberikan negara kepada pejabat setiap bulannya. Rinciannya, gaji pokok Presiden adalah Rp 30.240.000 per bu lan. Ada pun tunjangannya adalah Rp 32,5 juta. Jadi, total uang yang diterima presiden setiap bulan adalah Rp 62.740.000 atau Rp 752.880.000 per tahun.

Gaji wapres sekitar Rp 45 juta perbulan. Besaran gaji ini belum berubah sejak 2001. Persoalan gaji ini sempat heboh awal 2018. Saat pemerintah sedang mengotak-atik struktur gaji, tunjangan, dan fasilitas PNS yang terangkum dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP).

Salah satu yang disorot dalam peraturan itu adalah kenaikan gaji Presiden yang naik hingga Rp 500 juta per bulan. Namun, Presiden Jokowi tetap mengembalikan gaji tersebut ke aturan semula, sehingga sampai sekarang belum ada kenaikan gaji presiden dan wapres.

Baca juga : Ekspor Kertas Ke Chili Diprediksi Naik 200%

Curhatan JK soal gaji dikomentari netizen. Pemilik akun @gowestimor menilai gaji wapres saat ini memang kecil di banding pejabat lain. Malah jika dibanding negara lain, gaji wapres sangat jauh di bawah. Dia lalu mencontohkan banyak Presdien Amerika yang jatuh miskin setelah menjabat, dan terpaksa harus menulis buku memoar untuk membayar utangnya.

“Latar belakang Pak JK sebagai pengusaha tentu tak akan sampai jatuh miskin,” ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense