Dark/Light Mode

DPR Ajak Masyarakat Gunakan Hak Suara

Senin, 4 Februari 2019 05:39 WIB
Aboe Bakar Al Habsy, anggota DPR dari PKS. (Foto : istimewa)
Aboe Bakar Al Habsy, anggota DPR dari PKS. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Adanya gerakan golput alias golongan putih atau tidak menggunakan hak pilih saat pemilu bikin prihatin kalangan dewan. Karena itu, anggota DPR Aboe Bakar Al Habsyi mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suara dengan datang TPS pada Pemilu 2019.

Sebagai anggota MPR, Aboe mengingatkan arti penting pemilihan umum untuk masa depan negara. “Jangan siasiakan suara kita. Pemilu merupakan pesta demokrasi yang mesti kita manfaatkan sebesar- sebesarnya untuk menentukan masa depan bangsa,” katanya dalam sosialisasi empat pilar MPR RI di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, kemarin.

Baca juga : Golput Bukan Solusi

Anggota Komisi III DPR ini bilang, pemilu adalah salah satu pilar dari demokrasi, oleh karenanya harus dilaksanakan secara jujur dan adil. “Kita perlu berpartisipasi aktif di pemilu, sebab hasilnya akan menentukan nasib bangsa ke depan, karenanya kita harus datang ke TPS untuk memberikan suara,” jelasnya kepada peserta sosialisasi.

Lebih lanjut pria yang kerap disapa Habib Aboe itu menjelaskan, Pemilihan umum adalah bagian dari proses demokrasi yang dikamin oleh Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (UU NRI) 1945. “Saat pemilu adalah proses rakyat memilih orang yang memenuhi persyaratan tertentu untuk mengisi jabatan pemerintahan termasuk memilih wakil-wakil rakyat,” ujarnya.

Baca juga : Ekonomi Masyarakat Purbalingga Bakal Semakin Meningkat

Dijelaskannya, dari sejarahnya, pemilu tahun ini sangat spesial karena rakyat memilih secara bersamaan Presiden dan wakil rakyat sekaligus, ada lima kartu suara yang harus dicoblos. “Jadi jangan sampai peluang ini diabaikan, jangan sampai golput,” pesannya.

Menurut Aboe, Pemilu adalah bagian dari proses konstitusional. Pemilihan umum juga adalah meksnisme yang memungkinkan terjadinya peralihan pemerintahan secara legal dan konstitusional. “Karenanya silahkan semua datang ke TPS dengan aman dan tertib, karena semuanya dijamin oleh hukum,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :