BREAKING NEWS
 

Revitalisasi Tuntas

Punya Skybridge, Halte Transjakarta Makin Kece

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Selasa, 14 Maret 2023 07:30 WIB
Halte TransJakarta Juanda, Jakarta Pusat, dibuka lagi setelah direvitalisasi. Tampil dengan wajah baru, Halte Juanda kini juga terintegrasi dengan Stasiun Juanda untuk naik KRL. (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat halte Transjakarta, sudah selesai direvitalisasi. Salah satunya, Halte Djuanda, di Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya makin kece, fasilitas itu kini dilengkapi skybridge (jembatan penyeberangan) untuk memudahkan mobilitas penumpang.

Halte Juanda kini dominan berkelir putih. Interior dan eksterior tampak mewah. Halte kini terintegrasi dengan Stasiun Juanda. Penumpang Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) yang hendak meneruskan perjalanan dengan Transjakarta bisa melewati skybridge. Begitu juga sebaliknya.

Untuk menuju Halte, penumpang KRL bisa melalui gate se­latan. Di sini, terdapat tangga turun dan keluar sebelah kiri. Ke­mudian, bagian kanan terdapat skybridge menuju Halte Juanda. Setelah melintasi skybridge, ter­dapat dua tangga exit di kiri dan kanan (dapat digunakan warga untuk menyeberang dari Stasiun Juanda menuju Masjid Istiqlal atau sebaliknya) penumpang langsung menemui pintu masuk Halte Transjakarta.

Baca juga : Kemacetan Menggila

Di depan mesin tap in-tap out, tersedia vending machine kartu uang elektronik. Karena pintu masuk berada di lantai atas, penumpang harus turun. Bisa melalui tangga manual, eskala­tor atau lift. Sampai di lantai bawah, tempat naik-turun bus Transjakarta, penumpang mele­wati taman kecil dan toilet serta mushola.

Jika dibandingkan dengan halte sebelumnya, halte saat ini jauh lebih besar. Dapat menam­pung lebih banyak penumpang yang hendak menunggu bus Transjakarta. Di area tersebut, ada petugas berkeliling meng­gunakan megaphone memberi instruksi dan arahan titik tunggu bus sesuai rute.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, per Sabtu (4/3) selain Halte Juanda, Transjakarta juga kembali mengoperasikan Halte MH Thamrin, Halte Dukuh Atas 1 dan Halte Jati Padang.

Baca juga : DPR Desak Polisi Usut Tuntas Penabrak Mahasiswi Hingga Tewas Di Cianjur

“Keempat halte tersebut merupakan bagian dari 46 halte revitalisasi yang rampung se­cara bertahap dan mulai bisa digunakan untuk melayani pelanggan,” kata Apri dalam keterangannya.

Apri bilang, dengan berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mendorong masyarakat mulai kembali beraktivitas di luar ru­mah. Sehingga perluasan kapa­sitas halte dinilai sangat penting dan mendesak. Total ada 72 halte yang akan direvitalisasi dan di­targetkan selesai akhir 2023.

“Kembali beroperasinya Halte Juanda sebagai halte yang ter­integrasi dengan Stasiun KRL Juanda, akan memudahkan mo­bilitas pelanggan,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense