BREAKING NEWS
 

Banyak Proyek Galian

Kemacetan Di DKI Semakin Menggila

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Kamis, 3 Agustus 2023 07:30 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Pengelolaan antara air drai­nase dan air limbah harus terpi­sah kalau kita mau hidup sehat, nggak mungkin kecampur terus sama air hujan,” kata Ika.

Menurut Ika, Program JSS ini bersifat jangka Panjang. Oleh sebab itu, pihaknya secara ber­samaan melakukan pembangunan pengolahan limbah jangka pendek. Seperti septic tank dan Sistem Penyaluran Air Limbah (SPAL) komunal.

Baca juga : Setan Merah Belum Bangkit

Kepala Bidang Pengelolaan Air Limbah Dinas SDA Nelson merincikan, program JSS diker­jakan mulai 2023 sampai 2026 yang terbagi dalam dua paket. Yakni paket 5 dan paket 6.

Terkait sosialisasi pelaksanaan program tersebut, dia menegaskan, pihaknya sudah dan akan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Baca juga : Bangun Proyek Rel Kereta Rp 407 Triliun, Israel Ambil Hati Saudi

Diakui dia, banyak tantangan untuk memasang atau membangun sistem jaringan pipa di kota seperti Jakarta yang sudah sangat padat dan sangat sibuk. Untuk itu pihaknya harus me­neliti atau menginvestigasi jalur yang sudah ditetapkan untuk tempat pemasangan pipa.

“Karena di jalur itu umumnya sudah terpasang utilitas baik utilitas PAM, PLN, fiber optik dan utilitas gas,” ujarnya.

Baca juga : Ganjar Milenial Dukung Pelatihan Pembuatan Ubi Cokelat Di Serdang Bedagai

Saat ini, lanjut Nelson, pihaknya sedang memeriksa tanah di sepanjang jalur yang akan dibangun fasilitas JSS dengan menggunakan teknologi mu­takhir. Investigasi itu dilakukan di lokasi jalur paket 5 yakni Kecamatan Menteng, Gambir, dan Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat dan di paket 6 di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat serta Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 3/8/2023 dengan judul Banyak Proyek Galian, Kemacetan Di DKI Semakin Menggila

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense