BREAKING NEWS
 

Agar Tak Tumbang Seperti Pemilu 2019

Petugas KPPS Jakarta Bakal Dipasok Suplemen Dan Vitamin

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Kamis, 7 Desember 2023 07:30 WIB
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Kepala Dinas Kesehatan (Din­kes) DKI Jakarta Ani Ruspita­wati memastikan pihaknya akan menindaklanjuti permintaan KPU dan DPRD untuk penyediaan suplemen dan vitamin bagi petugas KPPS Pemilu 2024.

“Kami akan hitung kebutuhannya dan akan kami usul­kan,” kata Ani.

Ani bilang, pihaknya juga siap memfasilitasi pemeriksaan kesehatan komprehensif untuk petuga KPPS Pemilu 2024.

Baca juga : KPK Era Nawawi: Bidang Wakil Ketua Bakal Ditiadakan, Semua Sama Rata

“Pemprov DKI pada dasarnya dapat memfasilitasi kegiatan medical check up (MCU) karena itu salah satu mekanisme yang cukup penting dilakukan oleh petugas KPPS untuk memastikan kondisinya sehat,” jelasnya.

Untuk itu, Ani meminta KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta membuat permohonan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk pembiayaan tes kesehatan kepada ra­tusan ribu calon petugas KPPS.

Adsense

“Sehingga dari surat itu kami akan mendorong menjadi In­struksi Sekda sehingga pembiayaannya bisa kami lakukan,” tandas Ani.

Baca juga : Pemkot Bekasi Minta Publik Laporkan ASN

Diungkap Ani, dalam MCU, kesehatan yang akan diperiksa antara lain tekanan darah, labo­ratorium, pemeriksaan gula darah dan kolesterol.

“Secara umum nanti ada screening PTM (penyakit tidak menular) untuk kami pasti­kan, apakah dari setiap anggota KPPS itu ada riwayat komorbid atau tidak,” ucapnya.

Ani juga berharap, seluruh ang­gota KPPS terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini untuk memudahkan jika terjadi kondisi-kondisi yang membutuhkan pe­layanan kesehatan.

Baca juga : Kapolri: Tugas TNI-Polri Jaga Keutuhan Masyarakat, Persatuan Dan Kesatuan

Selain itu, Dinkes DKI Jakarta bakal menyiagakan ambulans khusus penanganan petugas KPPS Pemilu 2024. Ambulans akan disiagakan di setiap kelu­rahan sesuai dengan usulan dari KPU DKI Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense