BREAKING NEWS
 

Percantik Kota Dan Tingkatkan Kualitas Udara

Hore, Jakarta Bakal Punya 10 RTH Baru

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Selasa, 6 Februari 2024 07:15 WIB
Sejumlah anak bermain di Taman Hutan Kota Ranggon Wijaya Kusuma, Jakarta Timur. Foto: Antara Foto/Yulius Satria Wijaya

 Sebelumnya 
Untuk Jakarta Timur (Jak­tim) lokasinya, di Kampung Setu, Kelurahan Setu, Cipayung (4.324 meter persegi). Lalu, Jalan Swadaya IV, Kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung (2.288 meter persegi). Dan, Pinang Ranti, Makasar (4.168 meter persegi).

Untuk Jakarta Utara (Jakut), yakni di Jalan Kebantenan V, Semper Timur, Cilincing (2.737 meter persegi).

Berdasarkan luas per kota administrasinya, Jaktim menjadi kota dengan RTH terluas, yakni 26,2 persen dari total RTH DKI Jakarta. Lalu, Jaksel sebesar 24,87 persen. Kemudian, Jakut sebesar 20,93 persen, Jakarta Pusat 12,69 persen dan Jakarta Barat hanya 8,64 persen.

Baca juga : Semifinal Piala Asia: Korea Selatan Vs Yordania, Pertaruhan Raksasa Asia

Pada 2023, Distamhut DKI Jakarta telah membangun 23 RTH di empat wilayah kota ad­ministrasi, yaitu Jaktim, Jakut, Jakbar dan Jaksel dengan total luas 67.327 meter persegi.

Hendri menegaskan, Pem­prov DKI konsisten menambah luas RTH dan mengoptimalkan fungsinya, dengan melakukan pembangunan serta penataan. Yakni, dengan menanam 10.474 pohon di RTH dan jalur hijau.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan Nirwono Yoga menga­presiasi rencana Distamhut DKI Jakarta membangun 10 taman.

Baca juga : Pede, Thunder Jinakkan Raptors

Dia mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk memper­cepat proyek penambahan RTH tersebut.

Namun, Nirwono mengingatkan, lahan di Jakarta minim. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta harus lebih kreatif, inovatif dan progresif.

“Misalnya, merefungsi selu­ruh bantaran sungai, bantaran rel kereta api, kolong jembatan dan jalan layang, merevitalisasi situ/danau/embung/waduk, dan merestorasi kawasan pantura Jakarta,” kata Nirwono ke­pada Rakyat Merdeka, Minggu (4/2/2024).

Baca juga : Viva Yoga Mauladi: Waktu Penyaluran Mengacu Pada Data

Selain itu, Pemprov DKI juga dapat memanfaatkan lahan-lahan di pusat kota, seperti di wilayah segi 3 emas yang ter­bengkalai, tidak atau belum dibangun. “Lahan tersebut se­baiknya dijadikan RTH semen­tara,” ujarnya.

Nirwono menyebut, penamba­han luas RTH di Jakarta kurang signifikan, selama 20 tahun hanya bertambah hampir 1 persen.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 6 Februari 2024 dengan judul Percantik Kota Dan Tingkatkan Kualitas Udara, Hore, Jakarta Bakal Punya 10 RTH Baru

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense