BREAKING NEWS
 

Ditinggal Jutaan Warganya Mudik

Volume Sampah DKI Turun

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Kamis, 18 April 2024 06:50 WIB
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta sedang memilah sampah saat membersihkan Sodetan Kalibata, Jalan Menara Air, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024). (Foto: IG/UPSBADANAIRDLHDKI)

 Sebelumnya 
Hal serupa dilakukan Sudin LH Jakarta Timur (Jaktim). Sepanjang libur Lebaran, Sudin LH Jaktim mengangkut sebanyak 780,4 ton sampah dari 10 kecamatan di wilayahnya.

Kepala Sudin LH Jaktim Eko Gumelar mengungkapkan, ada 1.209 petugas di Jaktim yang bertugas mengangkut sampah.

Pada malam takbiran petugas yang diturunkan sebanyak 681 personel dengan armada sebanyak 126 truk. Sementara saat Lebaran hingga dua hari pasca Lebaran, petugas yang ditu­runkan sebanyak 528 personel dengan 116 armada truk sampah.

Baca juga : Indonesia Vs Australia, Garuda Muda Siap Terkam Kanguru

Dari 10 kecamatan, sampah terbanyak di malam takbiran di­angkut dari Kecamatan Cakung, yakni sebanyak 111 ton. Disusul Kecamatan Pulogadung sebanyak 92 ton dan Kecamatan Duren Sawit sebanyak 87 ton sampah.

Sedangkan selama dua hari setelah Lebaran, sampah terbanyak di Kecamatan Matraman 85 ton, kemudian Kecamatan Pu­logadung 60 ton dan Kecamatan Cakung 33 ton. “Semua sampah yang diangkut dibawa langsung ke TPA Bantar Gebang,” terang Eko.

Sedangkan Sudin LH Jakarta Pusat (Jakpus) mencatat, mulai dari 8 hingga 15 April 2024, volume sampah yang berha­sil diangkut mencapai 886,65 ton. Kepala Seksi Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Sudin LH Jakpus Aditya Pratama mengatakan, jumlah rata-rata volume sampah setiap pekan dari delapan wilayah kecamatan berkisar antara 800-900 ton.

Baca juga : Nadal Hempaskan Cobolli

“Volumenya bisa dikatakan standar. Karena meski angka harian menurun, tapi momen malam takbiran dan saat Idul Fitri, volumenya meningkat,” kata Aditya.

Kepala Sudin LH Jakpus, Slamet Riyadi mengatakan, selama masa cuti bersama dan libur Idul Fitri, pihaknya tetap menyiagakan petugas guna antisipasi terjadinya penumpukan sampah.

“Setiap satpel (satuan pelak­sana) minimal menyiagakan 70 petugas. Di wilayah tertentu bisa lebih sesuai kebutuhan,” tandasnya.

Baca juga : Hari Ini, Delegasi Bisnis China Tiba Di Jakarta

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 18 April 2024 dengan judul Ditinggal Jutaan Warganya Mudik, Volume Sampah DKI Turun

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense