Dark/Light Mode

Indonesia Vs Australia, Garuda Muda Siap Terkam Kanguru

Kamis, 18 April 2024 06:40 WIB
Pemain Timnas U-23. (Foto: PSSI)
Pemain Timnas U-23. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjuangan Timnas Garuda Muda di pentas Piala Asia U-23 terus berlanjut. Setelah takluk di laga perdana oleh tuan rumah Qatar 0-2, tim asuhan Shin Tae-yong kembali melakoni laga berat, yaitu melawan Australia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, malam ini.

Pelatih Shin Tae-yong (STY) mau tidak mau harus mengubah strategi setelah kehilangan dua pemain utamanya, yakni Ivar Jenner di lini tengah dan Ramadan Sananta di sektor serangan. Keduanya diganjar kartu merah ketika menghadapi Qatar di laga perdana.

Bagi Garuda Muda, match­day kedua jelas menjadi laga krusial karena mereka tak boleh kalah lagi. Marcelino Ferdinand dan kawan-kawan juga harus bisa menambal lubang yang ditinggalkan Ivan Jenner dan Ramadan Sananta.

Ivar Jenner menjadi salah satu sosok tak tergantikan di tangan STY. Pemain Utrecht U21 tersebut juga sudah me­miliki 8 caps bersama Timnas Indonesia senior. Bahkan ketika Piala Asia 2023 (2024), Ivar ber­main 346 menit, sekaligus men­empatkannya sebagai pemain dengan menit bermain tertinggi ke-4 di Timnas Indonesia.

Baca juga : Nadal Hempaskan Cobolli

Permasalahannya, stok pe­main di Timnas U-23 untuk menambal posisi jangkar relatif terbatas. Jelang turnamen lalu, STY telah mencoret Alfreanda Dewangga lantaran masih dalam masa pemulihan usai operasi cedera. Padahal, selama ini Dewangga dikenal sudah ber­pengalaman mengisi posisi tersebut.

Kemudian sosok paling ideal untuk mengisi pos gelandang bertahan seharusnya ada pada diri Justin Hubner. Di Piala Asia 2023, Hubner yang sejatinya berposisi bek tengah itu kerap dicoba sebagai jangkar, dan cukup berhasil.

Hanya saja, saat ini Hubner be­lum bisa bergabung dengan skuad, lantaran belum dilepas klubnya, Cerezo Osaka (Liga Jepang).

Kemungkinan Hubner baru bergabung jelang matchday 2. Dari sisi kebugaran, Justin Hubner jelas bukan pilihan ideal jika langsung dimainkan. Tapi kondisi kritis Timnas U23 Indonesia saat ini agaknya bisa saja memaksa Hubner untuk langsung dimainkan.

Baca juga : Hari Ini, Delegasi Bisnis China Tiba Di Jakarta

Tak hanya itu, STY juga mesti menentukan opsi dari deretan pemain yang saat ini sudah terse­dia di tim. Sosok Nathan Tjoe A On bisa dicoba, mengingat pemain Heerenveen itu relatif serba-bisa mengisi beberapa lini.

Sedangkan, absennya Ramadhan Sananta bisa digantikan oleh Rafael Struick dan Hokky Caraka, yang sejatinya juga lebih sering dipercaya tampil.

STY berharap tim Indonesia tidak dirugikan wasit lagi seperti laga perdana kontra Qatar. STY kecewa wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin laga tersebut dianggap membuat beberapa keputusan yang tak tepat dan merugikan Indonesia.

Menurutnya, penonton yang menyaksikan laga mengetahui apa yang terjadi dalam kekala­han Timnas Indonesia U-23.

Baca juga : Eks Irjen Disebut Pernah Disuruh Koordinasi Ke KPK

“Jadi, apa pun yang kami co­ba, ada wasit yang mengganggu kami, membuat keputusan yang tidak adil. Anda menyaksikan pertandingannya, jadi Anda tahu,” kata dia dalam press con­ference pasca laga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.