Dark/Light Mode

Dipimpin Menlu Wang Yi

Hari Ini, Delegasi Bisnis China Tiba Di Jakarta

Kamis, 18 April 2024 06:20 WIB
Menlu China Wang Yi (Foto: dok. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana/File Photo)
Menlu China Wang Yi (Foto: dok. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana/File Photo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar (Menlu) Negeri China, Wang Yi mendarat di Jakarta, Kamis (18/4/2024). Wang tengah melakukan tur ke Indonesia, Kamboja dan Papua Nugini (PNG) pada 18-23 April 2024. Kunjungan Wang ini untuk mempererat kerja sama dalam kerangka Belt and Road Initiative (BRI).

Proyek BRI ini sebelumnya dikenal dengan nama One Belt One Road (OBOR) yang dilun­curkan Presiden China Xi Jin­ping pada 2013. Proyek ini juga dikenal sebagai ‘Jalur Sutra’ atau Silk Road Economic Belt, yang terinspirasi konsep Jalur Sutra di masa Dinasti Han pada 2.000 tahun silam.

Proyek ini akan menghubung­kan konektivitas sejumlah negara di Asia dengan Afrika dan Eropa melalui jaringan darat dan maritim. Tujuannya, meningkat­kan integrasi regional, perdagangan dan memicu pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Eks Irjen Disebut Pernah Disuruh Koordinasi Ke KPK

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian menjelas­kan, melalui kunjungan ini, China berharap dapat menerapkan pemahaman bersama yang dicapai antara Presiden Xi Jinping dan para pemimpin ketiga negara, melaksanakan kerja sama Belt and Road yang berkualitas tinggi dan meraih kemajuan yang lebih substantif dalam pembangunan China- Indonesia.

“China, Indonesia, Kamboja dan Papua Nugini, semuanya ter­letak di Asia-Pasifik. Kita semua adalah negara berkembang dan merupakan kawan baik serta mitra satu sama lain, dengan prinsip saling menghormati, kesetaraan, saling menguntung­kan dan pembangunan untuk kepentingan bersama,” jelas Lin, dalam keterangan pers ming­guan di Beijing, China, Selasa (16/4/2024), dikutip Xinhua.

Dalam kunjungannya ini, Wang memboyong delegasi bis­nis untuk membahas kerja sama bilateral. Dia bakal memimpin sesi High-level Dialogue Cooperation Mechanism China-Indo­nesia, sebelum memimpin dua pertemuan Intergovernmental Coordination Committee China- Kamboja.

Baca juga : Nyesel Dinikahi Arya

Kunjungan Wang ini dilaku­kan usai Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto, melawat ke China pada awal April lalu dan bertemu Presiden China Xi Jinping. Saat kunjungan tersebut, Prabowo menemui Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Li Qiang, Menteri Pertahanan China Dong Jun, hingga menyempatkan diri berkunjung ke salah satu sekolah di Dongcheng District, Beijing.

Saat kunjungan ke sekolah tersebut, Prabowo pun melihat kantin sekolah yang menye­diakan makan siang gratis untuk siswanya. Program tersebut juga diusung pasangan Prabowo- Gibran semasa kampanye. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Kamis, 18 April 2024 dengan judul "Dipimpin Menlu Wang Yi Hari Ini, Delegasi Bisnis China Tiba Di Jakarta"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.