Dark/Light Mode

Jokowi-Mega Belum Silaturahmi Lebaran

Rabu, 17 April 2024 08:20 WIB
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan antara Presiden Jokowi dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri belum juga pulih. Hingga H+7 Idul Fitri, Jokowi-Mega masih juga belum silaturahmi Lebaran.

Selama hampir 10 tahun menjadi presiden, baru kali ini Jokowi tidak silaturahmi Lebaran dengan Mega. Padahal sebelum-sebelumnya, Jokowi-Mega selalu bertemu tiap Lebaran tiba.

Sebenarnya, pihak Istana sudah berupaya untuk mencari waktu yang tepat agar Jokowi bisa berlebaran dengan Mega. Namun, keduanya masih belum juga bertemu.

“Lagian ini masih di bulan Syawal. Bulan Syawal adalah bulan yang paling tepat untuk mempererat silaturahmi,” ucap Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Baca juga : Teroris Papua Dinamai OPM, Panglima TNI Banjir Dukungan

Kata dia, Jokowi bersedia bersilaturahmi dengan siapapun di momen Terlebih, Mega merupakan Presiden ke-6 RI. Lebaran.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin menyebut, pertemuan Jokowi dengan Mega masih terhalang waktu. Mengingat, orang nomor wahid di Indonesia itu sudah memiliki segudang agenda.

Seperti diketahui, Jokowi melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta. Setelah itu, Kepala Negara bersama Iriana menggelar open house di Istana Kepresidenan, Jakarta. Hampir semua pejabat dan elite negara hadir. Termasuk, ratusan warga ikut antre untuk bisa berlebaran dengan Jokowi.

Di hari kedua Lebaran, Jokowi bersilaturahmi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Jakarta. Siang harinya, ia terbang ke Medan, Sumatera Utara.

Baca juga : Ganjar Siap Ketemu Gibran

Di sana, Jokowi mengunjungi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, beserta ketiga anaknya: Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution.

Bagaimana dengan Mega? Di hari pertama Idul Fitri, kediaman Mega di Jalan Teuku Umar, Jakarta juga banjir tamu-tamu penting. Bahkan, sejumlah menteri dan pejabat negara juga datang untuk berlebaran dengan Mega. Di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Disinggung soal pertemuan Jokowi-Mega, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto malah menyinggung soal Pilpres yang jurdil. Hasto mengkritik soal konstitusi yang sudah dikhianati

“Ketika demokrasi sudah dikebiri, ketika supremasi hukum sudah dilanggar, lalu spirit antinepotisme, kolusi, dan korupsi kemudian bersemai dengan dukungan kekuasaan, apakah ini kita biarkan? Lalu sebagai bangsa pejuang, kita kan punya suatu prinsip,” tutur Hasto di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Baca juga : Para Menteri Cemas

Hasto memastikan, tidak ada pertemuan antara Mega dengan Jokowi usai Lebaran. Ia menyebut, video viral yang dinarasikan pertemuan Mega dengan Jokowi saat Lebaran adalah hoaks.

“Jadi saya mau klarifikasi juga bahwa video yang beredar tentang pertemuan antara Ibu Mega dan Pak Jokowi pada saat Lebaran itu sama sekali tidak benar. Tidak ada pertemuan,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.