BREAKING NEWS
 

Ini Imbauan Disdik DKI Soal Peningkatan Kewaspadaan Corona

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Rabu, 4 Maret 2020 16:22 WIB
Ilustrasi Virus Corona. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengeluarkan surat edaran pada seluruh sekolah negeri dan swasta serta pusat kegiatan belajar masyarakat untuk dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus Corona (COVID-19).

Dalam Surat Edaran Nomor 16/SE/2020 yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana dan dikeluarkan di Jakarta, Selasa (3/3) disebutkan bahwa peningkatan kewaspadaan terhadap virus Corona ini perlu dilakukan di lingkungan sekolah dan kegiatan belajar masyarakat, sekaligus sebagai tindak lanjut atas Instruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19).

"Virus ini menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, penyebarannya melalui percikan air liur (batuk/bersin) dari pengidap virus. Karena itu, saya mengimbau kepada para kepala sekolah, baik itu negeri maupun swasta dan Kepala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, untuk melakukan tindakan preventif dan antisipatif terhadap penyebaran virus ini," tulis Nahdiana seperti dilansir Antara, Rabu (4/3).

Baca juga : Menteri Erick: Jangan Panik, Stok Alat Aman, BUMN Farmasi Siap Hadapi Wabah Corona

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan tindakan kewaspadaan terhadap penularan infeksi COVID-19 yang dapat dilakukan di sekolah dan kegiatan belajar masyarakat, sebagai berikut:

Adsense

1. Melakukan sosialisasi tentang gejala, tanda, dan cara pencegahan penularan infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) kepada seluruh guru, karyawan, peserta didik, orang tua peserta didik, serta pengelola pendidikan formal dan non formal.

2. Mengimbau kepada warga sekolah untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih sehat, seperti cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, mengonsumsi makanan dengan menu bergizi dan seimbang, melakukan aktivitas fisik seperti biasa dan istirahat cukup.

Baca juga : Kepala Layanan Medis Darurat Iran Tertular Virus Corona

3. Menghindari kegiatan di keramaian yang tidak bermanfaat, membatasi aktivitas warga sekolah di luar lingkungan sekolah dan mengimbau warga sekolah yang sakit untuk istirahat di rumah, serta menjaga lingkungan tempat kerja tetap bersih dan higienis.

4. Melakukan koordinasi secara berkala dengan Puskesmas/rumah sakit terdekat. Jika ditemukan warga sekolah yang ditemukan terindikasi gejala demam disertai batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak nafas, segera melaporkan ke Puskesmas /rumah sakit terdekat.

5. Melaporkan kondisi perkembangan sekolah secara berkala dan berjenjang melalui https://disdik.jakarta.go.id/index.php. Atau hubungi nomor telepon 021-39504052. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense