BREAKING NEWS
 

JHL Group Berikan Bantuan Untuk Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19

Reporter : IRANDI KASMARA
Editor : WAHYU SURYANI
Sabtu, 18 April 2020 13:18 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - JHL Group memberikan bantuan untuk para petugas di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Jumat (17/4). Bantuan terdiri dari 60 alat pelindung diri (APD) berupa pakaian hazmat dan ratusan paket sembako.

Pasalnya, masih tingginya persebaran virus corona (Covid-19) yang diikuti angka kematian, membuat para petugas di pemakaman seolah tak berhenti.

Owner JHL Group, Jerry Hermawan Lo memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para penggali kubur dan semua pihak yang bertugas memakamkan jenazah Covid-19.

“Tugas mereka sangatlah mulia. Seolah tak pernah lelah membantu memakamkan jenazah para korban Covid-19 dengan layak. Tapi kadang keberadaan mereka ini luput dari perhatian kita. Padahal pekerjaan mereka juga sangat berisiko,” kata Jerry. 

Baca juga : Dana BAKTI Dapat Dimanfaatkan untuk Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Karena itu, lanjut Jerry, JHL Group bersama para relawan Merah Putih Kasih Fondation (MPKF) Peduli memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian terhadap para petugas di TPU Pondok Ranggon.

“Kita tidak boleh mengabaikan keberadaan mereka (para penggali makam),” imbuh Jerry.

Terhitung sejak 13 Maret lalu, TPU Pondok Ranggon ditetapkan sebagai lokasi pemakaman dalam protokol penanganan jenazah Covid-19 oleh Pemprov DKI Jakarta.

Adsense

“Setiap hari kami melakukan prosesi pemakaman dengan protokol penanganan Covid-19,” kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 Jakarta Timur, Muhaimin.

Baca juga : Bamsoet: MPR Dukung Penuh Langkah Pemerintah Lawan Pandemi Covid-19

Menurut dia, penanganan pemakaman jenazah Covid-19 berbeda dengan jenazah biasa. Karena itu, dibentuklah dua tim. Tim pertama bertugas menggali kubur. Tim kedua yang memakamkan jenazah.

Nah, tim pemakaman saat menjalankan tugas diwajibkan menggunakan APD lengkap. Seperti baju hazmat, masker, sarung tangan dan lainnya. “Kami sangat ketat menerapkan protokol Covid-19 ini. Jangan sampai kami tertular,” ujarnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada JHL Group yang telah memberikan perhatian dan bantuan untuk kami yang bertugas memakamkan jenazah-jenazah Covid-19. Bantuan ini sangat berguna bagi kami,” imbuh Muhaimin. 

Terpisah, pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah mengapresiasi apa yang telah dilakukan JHL Group untuk membantu petugas di TPU Pondok Ranggon.

Baca juga : Polri Kerahkan Ribuan Personil Gabungan Amankan PSBB Covid-19

Menurut Trubus, langkah JHL Group ini bukti masih ada pengusaha yang peduli terhadap upaya penanggulangan corona dan menganggap persoalan Covid-19 adalah tanggung jawab bersama.

Apa yang telah dilakukan JHL Group lanjut Trubus, bisa menjadi contoh dan role model bagi pengusaha lain untuk peduli terhadap sesama yang sedang membutuhkan saat ini.

“Karena anggaran pemerintah daerah semakin menipis, maka peran pengusaha sangat diperlukan untuk berkolaborasi," ujar pengajar di Universitas Trisakti itu. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense