BREAKING NEWS
 

Sembilan Pedagang Kena Corona, Mulai Besok, Pasar Palmerah Libur 3 Hari

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 24 Juni 2020 16:38 WIB
Ilustrasi penyemprotan disinfektan di pasar tradisional di Jakarta (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sembilan pedagang di Pasar Palmerah, Jakarta Barat terkonfirmasi positif Corona Covid-19. Buntutnya, Pasar Palmerah ditutup tiga hari, mulai Kamis (25/6) besok.

Para pedagang itu diketahui positif Covid, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rapid test dan swab test secara massal, Rabu (17/6) lalu.  Hasil pemeriksaan swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) itu baru keluar Selasa (23/6) kemarin. 

"Sembilan orang positif itu semuanya pedagang Pasar Palmerah," kata Camat Tanah Abang Yassin Passaribu, Rabu (24/6).

Baca juga : Mulai Jumat, Pasar Enjo dan Pasar Rawamangun Ditutup 3 Hari

Berdasarkan tes massal di Pasar Palmerah, dari 93 pedagang yang mengikuti tes cepat, 2 di antaranya reaktif sehingga dilanjutkan ke tahapan tes swab. Sementara itu, 54 pedagang langsung menjalani tes swab karena memiliki penyakit penyerta atau komorbid ataupun telah berusia lanjut.

Adsense

Dari pemeriksaan 54 pedagang itu, sembilan di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

Kecamatan Tanah Abang pun memutuskan menutup pasar selama tiga hari. Sesuai aturan yang disepakati bersama Perumda Pasar Jaya, sebagai pengelola pasar di ibu kota.

Baca juga : Mulai Senin Besok, Jasa Marga Perkeras Jalan Tol Japek Arah Jakarta Selama 6 Hari

"Hari Kamis baru mulai, Pasar Palmerah ditutup selama tiga hari ke depan," tambahnya.

Selama ditutup tiga hari, proses disinfeksi akan dilakukan di seluruh sudut Pasar Palmerah untuk mengantisipasi terjadinya penularan baru Covid-19. "Nanti akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di semua sudut pasar. Bisa dari pihak Damkar, PMI, ataupun Perumda Pasar Jaya," tandas Yassin.

Asisten Manajer Area II Perumda Pasar Jaya Agus pun membenarkan penutupan sementara Pasar Palmerah. Penutupan pasar akan berlangsung mulai besok hingga Sabtu (27/6).

Baca juga : Pindah ke Gerindra, Nasrul Ulum Bakal Tarung Melawan Ratu Tatu

Pasar akan kembali beroperasi dengan protokol kesehatan yang lebih ketat pada Minggu (28/6). "Protokol kesehatan di pasar, nantinya juga akan diperketat," ujar Agus. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense