BREAKING NEWS
 

Puskesmas Ciracas Mulai Suntikkan Vaksin Covid-19 Ke Tenaga Kesehatan

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 14 Januari 2021 19:39 WIB
Petugas Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur mulai vaksinasi Covid-19 tahap I kepada tenaga kesehatan, Kamis (14/1). (Foto: akun Instagram @puskesmasciracas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi Covid-19 tahap pertama mulai serentak dilaksanakan di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Salah satunya di Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur. Melalui akun Instagram @puskesmasciracas, Puskesmas Ciracas membagikan kegiatan vaksinasi kepada tenaga kesehatan.

"Akhirnya vaksin Covid-19 yang kita tunggu bersama sudah tiba. Dan hari ini kita melakukan vaksinasi tahap 1 untuk tenaga kesehatan yang berlokasi di Puskesmas Kecamatan Ciracas," begitu caption foto yang diunggah akun ini, Kamis (14/1).

Baca juga : Pemerintah Belum Izinkan Vaksinasi Covid-19 Mandiri

Puskesmas Kecamatan Ciracas membuka 4 pos vaksinasi Covid-19. Yakni di Puskesmas Kecamatan Ciracas di gedung lama, Puskesmas Kelurahan Rambutan, Puskesmas Kelurahan Ciracas, dan Puskesmas Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Hari ini telah terdaftar 45 peserta vaksin dan telah disuntikkan vaksin Covid-19.

Adsense

"Di Puskesmas Ciracas 18 terdaftar 12 tervaksin, Puskesmas Kelurahan Ciracas 9 terdaftar 7 tervaksin, Puskesmas Kelurahan Rambutan 0, dan Puskesmas Kelurahan Kelapa Dua Wetan 12 terdaftar 11 tervaksin," kata Kepala Puskesmas Kacamatan Ciracas Sunersi Handayani dalam keterangannya kepada RMco.id, Kamis (14/1).

Baca juga : Sosialisasi Dan Edukasi Kunci Sukses Vaksinasi Covid-19

Pelayanan vaksinasi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pertama, pemeriksaan suhu dan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Kedua, menyiapkan sejumlah meja yang terpisah untuk jaga jarak.

Masing-masing meja ada fungsinya. Meja 1 untuk verifikasi data peserta dan meja 2 skrining kesehatan oleh dokter untuk menentukan apakah peserta layak atau tidak mendapatkan vaksin Covid-19. Meja 3 untuk pemberian vaksin Covid-19 oleh petugas kesehatan dan meja 4 untuk input data vaksin pasien pemberian tahap 1 serta monitoring KIPI selama 30 menit.

Baca juga : Kalau Rumah Sakit Penuh, Layanan Kesehatan Lumpuh

"Setelah 30 menit tidak ada keluhan, pasien akan mendapat kartu imunisasi Covid-19 dan peserta boleh pulang. Alhamdulillah, vaksinasi berjalan lancar. Semoga dengan vaksinasi tercipta herd imunity. Sehingga pandemi Covid-19 bisa berakhir di Indonesia tercinta. Tetap terapkan protokol kesehatan 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun," tulis akun ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense