BREAKING NEWS
 

Buntut Kerumunan BTS Meal, Polda Tegur Puluhan Gerai McDonalds Di Jakarta

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Kamis, 10 Juni 2021 17:13 WIB
Kerumunan ojek online mengantre menu BTS Meal di salah satu gerai McDonalds di Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian bersama Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan Covid-19 telah memberikan teguran sekaligus sanksi penutupan sementara terhadap sejumlah gerai McDonald's terkait kerumunan promo BTS Meal.

"Kita sudah menegur langsung manajemen gerainya. Tim satgas sudah menegur langsung bahkan ada yang disegel 1x24 jam. Ada yang kita bubarkan, ada yang kita tertibkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (10/6).

BTS Meal adalah kolaborasi antara restoran cepat saji, McDonald's dengan grup musik boyband Korea Selatan Bangtan Sonyeondan (BTS). Menu ini mulai dijual di Indonesia pada Rabu (9/6).

Harga satu paket BTS Meal di seluruh gerai McDonald's Indonesia dibanderol Rp 40.909. Menunya sembilan potong nuget ayam, kentang goreng kemasan medium, cola ukuran medium, saus cajun dan sambal pedas manis.

Baca juga : Imbas BTS Meal, Satpol PP Segel Gerai McDonalds Di Jakpus

Jutaan penggemar boyband BTS atau yang kerap disebut Army pun menyerbu saat menu ini dirilis. Sejumlah gerai makanan cepat saji ini pun dibanjiri driver gojek online.

Meski demikian, Yusri menambahkan, ada sejumlah gerai yang meski cukup ramai, tidak sampai disegel. Lantaran saat penjualan berlangsung kondusif dan sesuai protokol kesehatan (prokes).

Adsense

Namun sebanyak 32 gerai McDonald's terpaksa ditutup sementara oleh Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) selama 1x24 jam. Beberapa gerai tersebut hari ini telah buka kembali.

"Tidak semuanya gerai McDonald's seperti yang viral ngantre panjang," tambahnya.

Baca juga : Wagub DKI Siap Jatuhi Sanksi Buat Gerai McD

Kepolisian pun juga telah berkoordinasi dengan pengelola gerai McDonald's untuk mencegah kejadian serupa. Gerai McDonald's kooperatif dan berjanji memperbaiki sistem pemesanan online untuk mencegah kerumunan.

"Beberapa gerai manajemennya minta maaf dan akan memperbaiki aplikasi, agar menghindari kerumunan," tandasnya.

Sebelumnya, personel Satpol PP dan Kepolisian membubarkan kerumunan warga termasuk antrean panjang ojek daring di sejumlah gerai restoran cepat saji, McDonald's dipicu promo menu terbaru berlabel grup musik asal Korea Selatan, BTS. Aparat juga memberikan teguran tertulis kepada perwakilan gerai imbas kerumunan pembeli membludak memesan paket terbaru tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, sudah ada belasan gerai McDonald's yang ditutup sementara seperti di Gambir, Cideng, Kramat Raya, Raden Saleh, Menteng dan beberapa di Jakarta Timur.

Baca juga : Kehabisan Duit, BNPB Stop Sementara Pembiayaan Lokasi Isolasi Mandiri Di Jakarta

Riza menyebutkan pihaknya menyiapkan denda administratif sesuai dengan peraturan daerah dalam masa pandemi, Rp 50 juta, bagi gerai yang melanggar prokes kembali setelah ditutup sementara. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense