BREAKING NEWS
 

Duet Ganjar-Puan Masih Joss, Ini Alasannya...

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 23 November 2021 08:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Ketua DPR Puan Maharani dalam Pemilihan Presiden 2024 masih memungkinkan. 

Alasannya, PDIP punya tiket mencalonkan satu paket Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, tanpa berkoalisi dengan partai lain.

"Itu bisa saja terjadi, kalau sudah mendekati injury time atau last minute. Kalau nantinya deadlock, bukan tidak mungkin PDIP akan menempuh jalan alternatif, dengan mengusung kader terbaiknya. Ganjar dan Puan kan sama-sama kader PDIP," kata Pangi kepada RM.id, Selasa (23/11).

Baca juga : Mega Kasih Restu Nggak Ya?

Pangi menilai, duet Ganjar-Puan punya kans untuk maju dan bertarung dalam kontestasi elektoral.

Adsense

"Bisa jadi, itu pilihan yang diambil PDIP. Irisan basis pemilihnya sama. Mungkin saja, Ketua Umum PDIP Megawati juga Soekarnoputri merindukan Puan menjadi ketum partai dari trah Soekarno, dan sekaligus Wakil Presiden," beber Pangi.

"Tapi, apakah bisa menang? Saya kira, PDIP bakal mengusung kira-kira yang bakal menang. Megawati ini hati-hati betul memutuskan siapa yang layak. Sampai akhirnya, PDIP memutuskan jagoannya," imbuh Pengamat Politik jebolan Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu.

Baca juga : Digadang Duet Dengan Ganjar, Puan Solidkan Mesin Banteng Di 2024

Pangi meyakini, Presiden RI ke-5 itu bakal menentukan jagoan Banteng dengan melihat tiga aspek. Pertama, pastinya tren elektabilitas.

"Mega akan tetap memantau Puan dan Ganjar dalam beberapa tahun ke depan. Elektabilitas Ganjar akan trrus dilihat. Juga, Puan. Apakah elektabilitasnya akan naik atau malah turun, meski sudah masang baliho di mana-mana," jelas Pangi.

Kedua, magnet elektoral yang dimiliki capres. Ketiga, potensi dukungan. Baik dari relawan, akar rumput, atau dari masyarakat umum.

Baca juga : Mitsubishi Luncurkan New Xpander, Ini Perubahannya

Sebelumnya, puluhan santri di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatullah yang berlokasi di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dengan Ketua DPR Puan Maharani untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense