BREAKING NEWS
 

MUI Minta Indonesia Turun Tangan Damaikan Rusia-Ukraina

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Sabtu, 5 Maret 2022 22:23 WIB
Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Prof Sudarnoto Abdul Hakim. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Ulama Indonesia (MUI) berharap pemerintah Indonesia ikut serta dalam mendamaikan konflik Rusia-Ukraina.

Hal tersebut dikatakan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Prof Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/3).

"Kepada pemerintah RI, saya sangat berharap peran-peran yang lebih strategis dan taktis dalam ikut serta mengupayakan perdamaian Rusia-Ukraina," kata Sudarnoto.

Baca juga : Zona Larangan Terbang Tak Diterapkan, Presiden Ukraina Kutuk NATO

Sebagai sahabat Rusia dan Ukraina, Indonesia bisa meyakinkan Rusia agar menghentikan serangannya terhadap Ukraina dan melaksanakan langkah-langkah perdamaian.

Adsense

"Pengalaman kesepakatan damai yang dilakukan di berbagai negara yang bertikai menunjukkan bahwa trust sangatlah penting, jangan ada satupun yang mengkhianati," kata dia.

Menurut dia, Indonesia harus tetap berkomitmen untuk menciptakan perdamaian abadi di manapun. Karena itu, langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah sangat berarti untuk menghentikan perang Rusia-Ukraina, kata dia.

Baca juga : Dubes Ukraina Hamianin Minta Dukungan Indonesia Stop Invasi Rusia

"Serangan atau agresi militer yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina sudah sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan," kata dia.

Sudarnoto mengatakan, korban jiwa dari kalangan sipil yang tidak berdosa semakin banyak, kerusakan infrastruktur juga semakin masif, dan kebutuhan pokok semakin sulit didapatkan di Ukraina. Semua ini mengancam kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan dan juga keamanan.

Yang juga pasti, lanjut dia, agresi militer ini akan mengakibatkan masa depan anak-anak semakin suram.

Baca juga : Indonesia Tunggu WHO Tetapkan Status Endemi

Dia mengaku tidak bisa membayangkan, sebuah tatanan dunia ke depan yang seharusnya dibangun berdasarkan kepada prinsip-prinsip keadaban dan ketertiban dunia dan penghormatan yang tinggi terhadap kedaulatan dan kemanusiaan justru masih diwarnai dengan peperangan dan penghancuran. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense