BREAKING NEWS
 

Kuotanya Masih Banyak

Kemenhub Ajak Pemudik Gunakan Angkutan Motis

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : FAZRY
Selasa, 26 April 2022 06:30 WIB
Menhub: Koordinasikan Angkutan Lebaran di Seluruh Indonesia Secara Terpadu.

 Sebelumnya 
Kuota kursi yang tersedia bagi peserta motis mencakup kereta api relasi Pasar Senen-Semarang Tawang (pp), dan Pasar Senen-Purwosari (pp).

Dengan memanfaatkan kuota kursi khusus tersebut, calon peserta motis dapat memiliki alternatif tambahan selain tiket travel, bus, maupun tiket kereta api reguler yang sudah habis.

Jadi, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah memanfaat­kan program motis ini dan beralih dari kendaraan roda dua.

Baca juga : Kementerian BUMN Dan Kementan Lakukan Pembenahan Bibit Pertanian

Bukan hanya diangkut kereta, bagi pemudik yang mengguna­kan motor, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub bersama PT Pelni, tahun ini juga kembali mengadakan mudik gra­tis sepeda motor naik kapal laut.

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Laut Mugen S Sartoto mengatakan, salah satu tujuan utama mudik gratis untuk mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir angka kecelakaan saat arus mudik atau balik.

Ada dua armada kapal yang digunakan untuk mudik motor gratis ini, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang diopera­tori oleh PT Pelni.

Baca juga : Pascapandemi, Menkominfo Ajak Pemuda Manfaatkan Program Talenta Digital

Kedua kapal ini merupakan kapal 3 in 1, yaitu kapal yang dapat mengangkut orang, ba­rang dan kendaraan. Kapasitas masing-masing kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang.

Mugen mengungkapkan, antusias masyarakat dalam mengikuti pro­gram mudik gratis ini cukup tinggi. Terbukti dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir penuh.

“Keberangkatan tanggal 29 April 2022 sudah hampir penuh. Tinggal keberangkatan tanggal 26 April 2022 masih sekitar 800-an untuk motor dan 1.000-an penumpang,” ungkapnya.

Baca juga : Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Adapun rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta-Semarang-Sura­baya (arus mudik) dan Surabaya-Semarang-Jakarta (arus balik).

Jadwal mudik rute Jakarta-Semarang-Surabaya dengan KM Dobonsolo, yaitu tanggal 26 April 2022 pukul 13.00 WIB dan KM Ciremai 29 April 2022 pukul 22:00 WIB.

Sedangkan, jadwal balik rute Surabaya-Semarang-Jakarta dengan KM Ciremai 9 Mei 2022 pukul 17.00 WIB dan KM Dobonsolo 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense