BREAKING NEWS
 

Bu Sri, Tolong Nih KPU Butuh 8 Triliun

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : ADITYA NUGROHO
Kamis, 28 April 2022 06:50 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Dok. kemenkeu).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahun ini membutuhkan dana Rp 8 triliun untuk menyukseskan rangkaian Pemilu 2024. Ibu Menteri Keuangan, Sri Mulyani tolong cairin anggaran KPU ya, biar Pemilu nggak molor.

Komisioner KPU, Yulianto Sudrajat mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan untuk persiapan pendaftaran partai politik, verifikasi parpol peserta Pemilu, hingga pembentukan badan Ad Hoc dan lainnya.

Sedangkan anggaran keseluruhan untuk penyelenggaaan Pemilu 2024 sebesar Rp 76,6 Triliun. Namun, angka tersebut masih belum final. “Ya itu makanya kita kaji. Angkanya belum. Kita fokus ke tahapan. Habis tahapan nanti kita ke anggaran,” ujar dia kepada wartawan di Gedung KPU, kemarin.

Baca juga : Barca Pagari Ronald Araujo Rp 15 Triliun

Dia memastikan, penyelenggara Pemilu masih terus mengkaji berapa anggaran yang bisa diefisiensi. Perkiraannya efisiensi itu bisa dilakukan untuk mengurangi perbaikan gedung, pembelian tanah beberapa kabupaten/kota provinsi yang sejatinya telah dialokasikan KPU.

“Nanti kita kerja sama difasilitasi Pemerintah Daerah setempat. Itu terus kita hitung tapi kita cermat ya dari Rp 76 triliun ini mudah mudahan segera ketemu angka besaran yang kita ajukan lagi kepada DPR,” akunya.

Terpenting, saat ini pihaknya fokus terkait pengesahan Peraturan KPU tentang tahapan program dan jadwal Pemilu 2024. Setelah itu KPU akan membahas anggaran.

Baca juga : Dewi Perssik, Tantang Nikita Buktikan Aborsi

“Urutannya itu tidak anggaran dulu. Tahapannya ini nanti diputuskan KPU diketok baru kita bicara anggaran. Tapi kita sudah siapkan semua. Bahannya sudah ada. Akan kita lanjutkan dengan langkah efisiensi (anggaran),” ujarnya.

Adsense

DPR juga ikut bersuara soal anggaran KPU. DPR ikut mendesak Kementerian Keuangan segera mencairkan anggaran Pemilu yang dibutuhkan KPU. Jangan sampai molor. Khawatir muncul spekulasi aneh-aneh dari berbagai pihak.

“KPU perlu dukungan dana segera. Perlu dikucurkan segera. Jangan ditunda. Penundaan bisa menimbulkan banyak spekulasi,” tegas anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense