BREAKING NEWS
 

Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Dan Banjir Di Hari Pertama Lebaran

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Minggu, 1 Mei 2022 20:20 WIB
Pemantauan satelit cuaca di BMKG. (Foto Humas BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca pada Senin (2/5/2022) bertepatan hari pertama Lebaran. Berdasarakan Prakiraan Cuaca Indonesia 30 April-2 Mei 2022 dari Meteorologi BMKG, ada sejumlah wilayah diprediksi turun hujan lebat hingga angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, pusat tekanan rendah terpantau di Samudera Hindia di barat Bengkulu-Lampung. Hal itu membuat terbentuknya daerah konvergensi memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera Barat dan Samudera Hindia barat Banten-Lampung.

Baca juga : Serunya Bukber Di Masjid Raya Lisabon

Sementara sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik utara Halmahera dan Papua. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Samudera Pasifik timur Filipina-Filipina bagian selatan dan di perairan utara Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Laut Jawa bagian barat dan bagian timur, dari Kalimantan Timur-Kalimantan Tengah, dan di perairan selatan Papua-Kepulauan Aru.

Baca juga : Gibran Dan Sahroni Kini Merasa Serasi

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," kata Guswanto, Minggu (1/5).

Berikut prakiraan cuaca dari BMKG pada Senin (2/5/2022), tepat pada Lebaran 2022 hari pertama:

Baca juga : Bos Telkom Pastikan Infrastruktur Dan Layanan Prima Saat Lebaran

Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense