BREAKING NEWS
 

Puan Atau Ganjar? Gibran: Dua-duanya Baik

Reporter & Editor :
RATNA SUSILOWATI
Jumat, 20 Mei 2022 07:43 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan salam komando dengan Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana, saat berkunjung ke redaksi Rakyat Merdeka, kemarin. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

 Sebelumnya 
Sebagai wali kota yang juga anak Presiden, ternyata Gibran tidak bisa intens berkomunikasi atau langsung menelpon ayahnya kapan saja.

Adsense

“Nggak bisa seenaknya tiap hari menelpon (Pak Jokowi). Tetap harus melalui ajudan, protokol. Kadang juga Presiden nggak bisa dihubungi. Dan tidak punya nomor jalur khusus,” katanya.

Malahan, Gibran bilang, dalam soal komunikasi, lebih sakti putra Jan Ethes Sri Narendra ketimbang dia. “Lebih sakti cucu daripada bapaknya. Jan Ethes lebih sering menelpon Mbahnya,” kata Gibran.

Jan Ethes, saat ini berusia lima tahun, malah bisa langsung menelpon dan video call sendiri ke Mbah Jokowi.

Baca juga : Menkeu Singapura Temui Ganjar Di Kediamannya

“Sekarang, anak saya bisa menelepon dan pegang telepon sendiri karena belajar pun online,” tambahnya.

Tentang tantangan mengurusi Solo, Gibran menceritakan, awal menjabat, pertumbuhan ekonomi wilayahnya minus 1,74 persen. Banyak bertambah pengangguran, imbas pandemi. Setahun berlalu, saat ini, pertumbuhan sudah 4 persen.

“Targetnya, bisa melejit di tahun ini ke angka 5 persen. Inflasi cukup baik,” katanya.

Bulan Juni nanti, sejumlah UMKM di Solo akan diundang ke Paris. Memamerkan produk-produk unggulan dari Solo. Bukan hanya itu, acara di Paris nanti juga akan digelar cukup besar. Salah satu jalan protokol di Paris, kabarnya akan ditutup demi kegiatan tersebut. Penyanyi Indonesia yang menetap di Paris, Anggun Cipta Sasmi, akan ikut bernyanyi dan memeriahkan event itu.

Baca juga : Ganjar Mimpikan Lirikan Megawati

Banyak sekali program di Solo yang mendapatkan dukungan dari kementerian dan BUMN. "Hampir semua menteri, bahkan datang dan merapat ke Solo. Ini kenapa?" tanya seorang wartawan Rakyat Merdeka.

Kata Gibran, menteri berkunjung ke banyak daerah, bukan hanya ke Solo. Tapi mungkin saja, karena pemberitaan dan makan siangnya di Solo, jadi lebih banyak exposure-nya.

"Apakah menteri yang datang di Solo merasa dapat jaminan nggak akan di-reshuffle ya?" tanya wartawan Rakyat Merdeka, lagi.

Gibran ketawa. “Yang performance-nya baik, kan nggak mungkin di-reshuffle,” respons dia.

Baca juga : Lebih Banyak Keluar Kandang

Banyak yang mendukung. Tapi banyak juga yang nyinyir. Bahkan, yang nyinyir itu bukan sekarang saja. Sejak sebelum menjabat wali kota pun, sering dinyinyirin.

Kata Gibran, yang nyinyir ya nggak usah ditanggapi.

"Malahan, ada yang laporkan saya ke KPK atau soal bansos. Ya dibuktikan saja. Tapi, sampai sekarang kan malah tidak ada follow up-nya. Sudah saya klarifikasi, semuanya clear,” jawabnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense