BREAKING NEWS
 

Dijauhi Banteng, Ganjar Makin Mentereng

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : SISWANTO
Jumat, 10 Juni 2022 07:58 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai serangan yang dilancarkan sejumlah kader banteng, tak membuat citra Ganjar Pranowo tercoreng. Semakin diserang dan dijauhi banteng, elektabilitas Ganjar malah makin mentereng. Dalam beberapa survei terakhir, Gubernur Jawa Tengah itu, sudah berhasil menggeser Prabowo Subianto dari posisi puncak.

Ada dua survei terbaru yang menempatkan Ganjar dalam posisi teratas sebagai capres. Yakni, Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC dan Lembaga Poltracking Indonesia. Di kedua survei tersebut, tercatat elektabilitas yang dimiliki Ganjar meningkat dibanding sebelumnya.

Dalam survei SMRC, Ganjar terpilih sebagai top of mind ketika diberi pertanyaan spontan tentang capres yang akan dipilih dalam Pilpres 2024. Ia dipilih oleh 14,2 persen responden. Lalu, disusul Prabowo 13,2 persen, Jokowi 8,2 persen, dan Anies Baswedan 8,2 persen.

Baca juga : Ribuan Santri Banten Doakan Ganjar Capres 2024

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, Jokowi masih muncul dalam survei tersebut, karena menggunakan metode simulasi terbuka. Sedang di simulasi selanjutnya, SMRC memberikan opsi 42 nama tokoh partai politik, ketua partai politik, dan nama yang banyak disebut di media massa untuk dipilih sebagai capres.

Hasilnya, Ganjar tetap di atas. Selisih tingkat keterpilihan dengan para pesaing ketatnya di papan atas cukup signifikan. Ganjar 22,5 persen, Prabowo 17,5 persen dan Anies 13,2 persen. Sementara dalam simulasi tiga nama, Ganjar tetap teratas dengan elektabilitas 30,3 persen, Prabowo 27,3 persen dan Anies 22,6 persen. Sisanya, 19,9 menyatakan belum tahu.

"Artinya, Ganjar konsisten unggul, baik dalam simulasi banyak nama tadi, tapi tidak ada yang mayoritas mutlak," papar Deni dalam konferensi pers secara daring, kemarin.

Baca juga : Ganjar-Erick Di Belakang Jokowi

Survei SMRC ini dilakukan pada 10-17 Mei 2022 dengan melibatkan 1.220 responden yang memiliki hak pilih atau berusia 17 tahun atau lebih. Survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka. Margin of error survei diperkirakan plus minus 3,06 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Jika dibandingkan dengan hasil survei tahun lalu, elektabilitas Ganjar terbaru ini, naik cukup tinggi. Pada survei SMRC periode Maret 2021, elektabilitas Ganjar masih di angka 6,1 persen. Prabowo di urutan teratas, 13,4 persen, dan Anies 5,4 persen.

Moncernya elektabilitas Ganjar juga terlihat dari hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia. Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, dalam pertanyaan 18 nama capres, Ganjar menduduki peringkat teratas. Di urutan kedua ditempati Prabowo dan Anies di posisi ketiga. "Ganjar 24,8 persen, Prabowo 21,2 persen dan Anies 15,5 persen," kata Hanta, saat memaparkan hasil survei tersebut, kemarin.

Adsense

Baca juga : Dua Kali Menang Telak, Ezra Walian Makin Pede Sambut Liga 1

Tak hanya itu, Hanta menjelaskan, survei tersebut juga mengerucutkan daftar calon menjadi 10 figur. Dalam 10 nama ini, Poltracking menggunakan simulasi surat suara dengan pertanyaan jika bapak/ibu datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dalam bilik suara siapa kandidat yang akan dipilih sebagai presiden.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense