Dark/Light Mode

Sulit Ngarepin Dari Kandang Banteng

Ganjar Nunggu Ditraktir Tiket

Senin, 6 Juni 2022 07:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: ANTARA).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: ANTARA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah punya modal besar untuk maju sebagai capres. Elektabilitasnya di berbagai survei capres relatif tinggi. Ganjar juga punya banyak relawan yang tersebar di berbagai daerah. Sayangnya, Ganjar terbentur restu dari PDIP. Ganjar bakal sulit ngarepin tiket nyapres dari PDIP yang diketahui lebih condong pada Ketua DPR, Puan Maharani. Agar peluangnya untuk nyapres tetap terbuka, Ganjar disarankan cari tiket dari luar kandang banteng.

Selama ini, elektabilitas Ganjar di sejumlah survei memang moncer.Dari tahun lalu, posisinya selalu masuk tiga besar. Bersaing dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Di tambah lagi dengan mesin relawan yang tersebar hampir di setiap daerah. Mayoritas relawan pendukung Ganjar merupakan relawan pendukung Presiden Jokowi di Pilpres sebelumnya.

Baca juga : Relawan Ganjar Mau Alihkan Dukungan Untuk Kuda Hitam

Sayangnya, elektabilitas tinggi Ganjar ini tak membuat PDIP kepincut. Meskipun sebagai kader banteng, Ganjar malah sering dimusuhi oleh rekan separtainya. Ganjar juga sudah tidak lagi dilibatkan dalam acara-acara PDIP. Ditambah lagi serangan sejumlah elit banteng yang makin kencang ke Ganjar.

PDIP memang belum menentukan siapa capres yang akan diusungnya. Namun, dari gelagat para elitenya, partai berlambang kepala banteng ini tampaknya cenderung mengusung Puan yang kini sedang dijodoh-jodohkan dengan Anies.

Baca juga : Kalau Ganjar Dipecat, Ratingnya Bisa Loncat

Pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun menyiratkan hal tersebut. Hasto mengatakan, hasil survei elektabilitas capres bukan segalanya. Karena itu, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kader agar mengabaikan hasil survei.

“Arahan yang diberikan oleh Ibu Megawati buat kami semua adalah untuk tidak tergoda (dengan survei capres),” kata Hasto, saat ditemui di Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Baca juga : PSI Diminta Realistis Tuh

Hasto menegaskan, saat ini partainya belum tertarik membicarakan capres. Skala prioritas partai adalah mendorong agar pemerintahan Jokowi mencapai prestasi yang terbaik. “Sehingga sekaligus akan meletakkan dasar-dasar yang kuat bagi pemerintahan yang akan datang. Itu skala prioritas kami,” jelas Hasto.

Akademisi Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai, untuk maju di Pilpres 2024, sulit bagi Ganjar kalau ngarepin tiket dari banteng. Menurut Ujang, Ganjar bukanlah skenario yang sedang disiapkan PDIP. Karena, skenario PDIP adalah Puan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.