BREAKING NEWS
 

Anies, Airlangga, AHY, Imin, Emil Dan Uno Bicara Di Forum Pemred

Ganjar Kini Jadi Banteng Penakut

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : UJANG SUNDA
Sabtu, 6 Agustus 2022 06:50 WIB
Enam tokoh calon pemimpin nasional (Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno) menghadiri acara 10 Tahun Forum Pemred, di Jakarta, kemarin. Acara yang mengusung tema ”Memajukan Pers, Menyatukan Bangsa” itu, dihadiri sejumlah tokoh nasional. (PATRARIZKI SYAHPUTRA/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sering "ditanduk" elite banteng karena dinilai ngebet banget jadi capres, Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi banteng penurut, berubah jadi banteng penakut ketika disinggung urusan pilpres. Ketidakhadirannya bersama para tokoh yang digadang-gadang bakal jadi capres di acara Forum Pemred, menguatkan Ganjar sebagai banteng penakut itu.

Kemarin, Forum Pemred genap ulang tahun ke-10. Memeriahkan hari jadinya, Forum Pemred menggelar diskusi bertema "Memajukan Pers, Menyatukan Bangsa", di Hotel Raffles, Jakarta. Sejumlah tokoh nasional hadir di acara ini. 10 tokoh yang kerap muncul dalam survei capres, diundang ke acara ini. Mereka adalah Menhan/Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketum Golkar/Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Namun, hanya 6 orang yang hadir. Prabowo, Ganjar, Khofifah, dan Erick tidak hadir.

Airlangga datang paling awal. Airlangga ditemani sejumlah elite beringin. Di antaranya Agus Gumiwang Kartasasmita dan Nurul Arifin. Tak lama kemudian muncul AHY, Anies, Ridwan Kamil, Muhaimin, dan yang terakhir Sandi.

Baca juga : Ganjar Lagi Jadi Banteng Penurut

Kenapa yang hadir cuma 6? Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad bilang, yang tidak hadir alasannya berbeda-beda. Prabowo misalnya. Dari awalnya menyatakan bersedia hadir, tiba-tiba berhalangan karena harus mendampingi Presiden Jokowi. Lalu, Khofifah batal hadir karena harus mendampingi kunjungan Kapolri ke wilayahnya. Sementara, Erick baru saja tiba di Jakarta dari luar kota.

Untuk Ganjar, alasannya tidak diutarakan secara jelas. "Bapak Ganjar Pranowo semalam memastikan tidak bisa hadir dengan alasan yang sangat kami pahami," ucap Pemimpin Redaksi Kumparan ini, disambut tawa para hadirin. "Sangat-sangat kami pahami," ulangnya lagi.

Kepada para tokoh yang hadir, Arifin menghaturkan terima kasih. "Kami sangat menghargai dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada 6 tokoh yang benar-benar hadir," puji Arifin.

Baca juga : Bangganya Klok, Perdana Main Langsung Jadi Kapten Timnas

Para tokoh yang diundang diberi waktu masing-masing 5 menit untuk menyampaikan gagasannya. Mula-mula AHY. Putra sulung SBY ini langsung menggebrak. "Insya Allah, 10 tahun juga di luar pemerintahan, sehingga kita sangat matang," ucapnya, disambut tepuk tangan.

AHY lalu menyentil terus menurunnya indeks kebebasan pers dan demokrasi di Indonesia belakangan ini. Lalu politik uang hingga politik identitas yang memecah belah.

Setelah itu, giliran Airlangga. Di awal-awal, Airlangga langsung mengemukakan disclaimer bahwa dirinya bicara atas nama Menko Perekonomian. Dia pun tidak bicara pilpres. Dia memilih memamerkan sejumlah capaian Pemerintah di tengah goncangan ekonomi global akibat pandemi Covid-19, perang Rusia-Ukraina, hingga ancaman perubahan iklim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense