BREAKING NEWS
 

BEM-SI Dorong Polri Cepat Tuntaskan Kasus Brigadir J

Reporter & Editor :
FAZRY
Jumat, 19 Agustus 2022 20:33 WIB
Ilustrasi. Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) tengah menggelar aksi unjuk rasa.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) wilayah Jabodetabek - Banten mendorong Polri menuntaskan kasus kematian Brigadir Joshua secara total dan holistik. Ini penting demi integritas Polri yang saat ini menjadi sorotan publik.

Koordinator BEM-SI wilayah Jabodetabek - Banten Ruben Bentiyan mengatakan, jika kepercayaan masyarakat menurun terhadap Polri bukan hanya berbahaya untuk institusi Polri saja, tapi juga bisa berdampak lebih besar di tengah masyarakat.

Menurut Ruben, ketegasan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, sangat diperlukan untuk mengungkap dan menyelesaikan kasus ini seterang-terangnya.

Pihaknya juga berharap, seluruh jajaran pimpinan Polri berkomitmen agar hal semacam ini tak terulang kembali.

"Jangan sampai ada stigma negatif terhadap institusi Polri," kata Ruben.

Baca juga : Polri: Semua CCTV Kasus Penembakan Brigadir J Berhasil Ditemukan

Ruben mengatakan, tugas Polri memberikan pelayanan kepada masyarakat di atas segala-galanya. Untuk itu kata dia, kasus Brigadir J ini harus tuntas, terang, transparan, dengan se adil-adilnya.

"Kasus ini harus dilaksanakan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," pungkas Ruben.

Untuk diketahui, imbas kasus kematian Brigadir Joshua, Irjen Pol Ferdy Sambo dan sejumlah anak buahnya langsung dicopot dari kursi jabatannya. Ferdy Sambo dan sejumlah anak buahnya langsung dimutasi dan "dikandangkan" di Mabes Polri.

Adsense

Langkah tegas kapolri mencopot perwira-perwira yang diduga melanggar kode etik ini adalah langkah tegas yang harus diapresiasi.

Kembalikan Kepercayaan Publik

Baca juga : Polri Tetapkan Putri Candrawathi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pun menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat yang mulai mengalami penurunan.

Ini terkait dengan masalah kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri dan menjadi pertaruhan bersama.

"Oleh karena itu, hal ini juga menjadi catatan penting dan saya minta untuk betul-betul bisa ditindaklanjuti,” kata Sigit, dilansir RM.id dari Antara.

Sebelum terjadinya peristiwa penembakan Brigadir J, Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa beberapa lembaga survei merilis tingkat kepercayaan publik terhadap Polri mengalami peningkatan.

Namun, setelah mencuatnya pemberitaan terkait pembunuhan yang melibatkan sesama anggota Polri membuat kepercayaan masyarakat mengalami penurunan.

Baca juga : Telkom Dorong Digitalisasi Kelas Dunia Di Kawasan Ibu Kota Negara

Meski demikian, kepercayaan masyarakat saat ini berangsur-angsur meningkat setelah adanya komitmen pengusutan perkara yang menewaskan Brigadir J secara tuntas hingga memberikan tindakan tegas.

Sigit juga memastikan bahwa Polri akan mengusut tuntas peristiwa yang menewaskan Brigadir J ini hingga tuntas, sesuai dengan perintah dari Presiden Joko Widodo. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense