BREAKING NEWS
 

Wacana Presiden 3 Periode

Barang Mati Dihidupkan Lagi

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Kamis, 25 Agustus 2022 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Saya pribadi tambah 3 tahun pun saya masih setuju, beliau ada ketegasan, beliau menentang arus. Itu saya hormat, respect terhadap beliau itu,” tuturnya.

Simbolon mengungkapkan, kemungkinan penambahan masa jabatan tiga tahun bisa terjadi bila seluruh kekuatan politik di DPR, MPR dan DPD setuju mengubah ketentuan batasan jabatan. Menurutnya, penambahan itu bukan sesuatu yang tabu.

“Sepanjang kita berkomitmen mengubah Undang-Undang Dasarnya (UUD), kenapa? Soekarno juga lebih dari 2 pe­riode, Soeharto juga lebih dari 2 periode kalau kurang dari satu periode 5 tahun boleh, perpanjangan juga saya kira bukan hal yang dilarang,” katanya.

Adsense

Baca juga : Berkendara Di Jakarta Makin Tidak Nyaman

Netizen langsung ngegas alias berbicara kritis mendengar jawaban Jokowi terkait wacana jabatan presiden 3 peri­ode. Jokowi dinilai tidak tegas menolak wacana tersebut. Akhirnya, gerakan di daerah mulai bermunculan.

Akun @KadingArang menilai Jokowi terlalu lembek dalam merespons wacana perpanjangan jabatan presiden. Padahal sebelumnya, kata dia, Jokowi pernah mengingatkan pendukungnya agar tidak bicara jabatan 3 periode karena sama saja menampar mukanya.

“Jokowi soal relawan ingin 3 periode: Boleh-boleh saja, baru wacana. Waktu itu yang ngomong sama saja menampar muka saya siapa yah,” ungkap @papa_loren. “Mencla-mencle,” kata @satia_nagara.

Baca juga : Jangan Panik, Jokowi: Penularan Cacar Monyet Bukan Lewat Droplet

Akun @_doncorleone78 mengatakan, pernyataan Jokowi tersebut bisa diartikan lain oleh para pendukungnya. Sebagai Presiden, kata dia, seharusnya bilang tidak boleh karena menyalahi konstitusi.

“Yang begitu saja harus diajarin,” ujarnya.

Menurut @AriaDinakita, jawaban Jokowi cenderung malah terkesan me­nyetujui 3 periode. Padahal, kata dia, wacana tersebut jelas-jelas menyalahi konstitusi.

Baca juga : Madura United Vs Persis, Datang Dan Menang

“Ya bisa makin masiflah kalau beliau ini terkesan membuka jalan atas nama demokrasi,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense