Dark/Light Mode

Wapres: Semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Harus Ditularkan Kepada Bangsa Lain

Rabu, 17 Agustus 2022 08:36 WIB
Wakil Presiden KH Maruf Amin (Foto: Istimewa)
Wakil Presiden KH Maruf Amin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski telah berhasil merebut kemerdekaan dari para penjajah 77 tahun silam, bangsa Indonesia masih terus menghadapi berbagai tantangan berat.

Terjadinya pandemi Covid-19, konflik internasional, krisis pangan dan energi, serta perubahan iklim dewasa ini adalah beberapa contoh ujian berat, yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Juga bangsa-bangsa lain di dunia.

Oleh sebab itu, pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Wapres mengajak seluruh elemen bangsa, untuk semakin merapatkan persatuan. Agar menjadi lebih kuat, dan mampu mengatasi berbagai tantangan krisis yang mengancam.

“Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan, dan bersinergi dalam kerja nyata. Agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis  dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat,” kata Wapres dalam tayangan video Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8).

Baca juga : KAI Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Selain itu, Wapres juga mengajak bangsa Indonesia untuk kembali membangkitkan semangat dan kegigihan perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Demi mengatasi segala tantangan. Meski bentuknya berbeda dengan tantangan di era penjajahan.

“Tantangan yang dihadapi para pahlawan dan pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan, memang berbeda dengan tantangan yang kita hadapi hari ini maupun di masa depan. Namun, perjuangan dan kegigihan kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, harus sama kuatnya dengan para pahlawan kemerdekaan,” tegasnya.

Wapres menyebut, bangsa Indonesia sejatinya adalah bangsa pejuang. Karena itu, semangat perjuangan para pahlawan, harus terus tertanam kuat dalam sanubari bangsa Indonesia. Sampai kapan pun.

“Semangat kebangkitan nasional yang melahirkan kemerdekaan, harus senantiasa menjadi jiwa seluruh bangsa Indonesia, dalam mengisi kemerdekaan,” pintanya.

Baca juga : Terbesar Di ASEAN, Pengamat: Kita Harus Jadi Produsen Kendaraan Listrik

Wapres juga mengingatkan, salah satu tantangan yang harus dihadapi di masa depan adalah perubahan yang begitu cepat.

Untuk itu, generasi penerus bangsa harus membekali diri dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar mampu bersaing di tingkat global.

“Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah modal terpenting untuk bisa mengelola perubahan. Sekaligus memenangkan persaingan global,” ujarnya.

Terakhir, Wapres meminta semangat yang tercermin dalam tema peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, harus ditularkan kepada bangsa-bangsa lain. Dengan memanfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga : Kasus Jin Buang Anak Dinilai Lebih Tepat Diselesaikan Di Dewan Pers

“Melalui momentum Presidensi G20, kita tularkan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat kepada bangsa-bangsa lain. Agar kemajuan dan kesejahteraan di tingkat nasional, kawasan dan global dapat kita wujudkan,” tandas Wapres. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.