BREAKING NEWS
 

Hari Ini Digelar PN Jaksel

Sidang Sambo Live Streaming

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : UJANG SUNDA
Senin, 17 Oktober 2022 07:30 WIB
Terdakwa Ferdy Sambo. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM).

 Sebelumnya 
Sementara itu, kejaksaan akan melihat fakta hukum yang terungkap di persidangan sebelum nantinya melakukan tuntutan maksimal. Tentu, semua tergantung dari fakta-fakta hukum yang terungkap di pengadilan. Tugas JPU mewakili negara, pemerintah, masyarakat, dan korban.

Sementara itu, Juru Bicara Komisi Yudisial (KY), Miko Ginting memastikan pihaknya akan memantau sidang Sambo Cs. Salah satu pemantauan dilakukan dengan memasang kamera saat persidangan berlangsung.

Baca juga : Malam Ini, Erling Haaland Bakal Jadi Mimpi Liverpool

Pemantauan lain juga dilakukan guna menjaga kemandirian hakim. Ia menilai persidangan kasus Sambo Cs perlu pengawasan terhadap hakim agar tidak melakukan pelanggaran etik. Pemantauan dilakukan juga untuk tujuan menjaga kemandirian hakim.

“Jadi ada dua tujuan, pertama adalah pengawasan terhadap perilaku hakim agar hakim tidak melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim. Kedua dalam konteks advokasi agar hakim menjaga kehormatannya, baik dari intimidasi maupun iming-iming,” ungkapnya.

Baca juga : Jalani Verifikasi Faktual, Hanura Yakin Tembus Ke Senayan

Miko mengatakan, KY sudah membentuk tim khusus untuk memantau dan mengawasi jalannya persidangan Sambo Cs.

Ada dua tim. Pertama, pemantauan dan pengawasan. Kedua, pemantauan dalam per advokasi.

Baca juga : Imigrasi Jaksel Terbitkan Ribuan Paspor 10 Tahunan

“Tim tersebut akan hadir di persidangan dari waktu ke waktu, itu yang pertama. Yang kedua, ada tim yang bertugas memonitor secara tidak tampak. Itu untuk mengumpulkan informasi, keterangan, memantau secara dekat dan melihat perilaku perilaku hakim,” ucapnya.

Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Jakarta, Abdul Fickar Hadjar mengatakan, sudah seharusnya sidang Sambo terbuka. Hal ini sebagai bagian dari perwujudan peradilan modern. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense