BREAKING NEWS
 

Jadi Bahan Obrolan Pegiat Dunia Maya

Subsidi Kendaraan Listrik Belum Mendesak Banget

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Kamis, 1 Desember 2022 06:30 WIB
ILUSTRASI. Subsidi Motor listrik. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik pada tahun depan. Tidak tanggung-tanggung, pembelian satu unit motor listrik dapat subsidi Rp 6,5 juta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, saat ini subsidi sepeda motor sedang difinalisasi. Kemungkinan subsidi sepeda motor berkisar Rp 6 juta-Rp 6,5 juta. Di Thailand, subsidi kendaraan listrik mencapai Rp 7 juta.

“Kira-kira berkisar segitu. Mobil berapa juta kita kasih,” ungkap man­tan Menko Polhukam itu.

Baca juga : Mahfud Bicara Perdamaian Dunia Bareng Tokoh Lintas Agama India

Meski begitu, Luhut tidak merinci detail mengenai mekanisme pemberian subsidi. Yang pasti, dengan Pemerintah memberi­kan subsidi pembelian kendaraan listrik, baik motor atau mobil, lebih menguntung­kan dibandingkan memberikan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kita hitung-hitung tetap akan untung menggunakan sepeda motor listrik dari­pada sepeda motor fosil, begitu juga mo­bil. Jadi kalau Anda ke depan nanti jualan ini, lebih bagus pilih itu,” kata Luhut.

Luhut mengatakan, sampai saat ini para produsen kendaraan mulai kewalahan karena banyaknya pemesanan pembelian kendaraan listrik tersebut. Sementara, un­tuk motor listrik masih harus menunggu tahun depan.

Baca juga : Mane Absen, Van Dijk Sedih Sekaligus Senang

“Belilah nanti mobil-mobil EV, walau­pun sekarang kita kewalahan. List-nya (daftar antre beli kendaraan listrik) itu sudah enam bulan karena masalah chip. Kalau sepeda motor, kalau sudah tiba tahun depan, mulai ganti saja dengan motor listrik. Nanti akan dapat subsidi,” pungkas dia.

Di jagat maya, wacana itu menimbul­kan pro dan kontra.

“Kenapa subsidi besar sekali. Ini bukan menjamin rakyat beli, tapi men­jamin keuntungan pabrikan,” timpal @baiou_2829.

Adsense

Baca juga : Pabrik DFSK Siap Produksi Kendaraan Listrik

Akun @MusafirKopinya meminta Pemerintah mengevaluasi kembali ren­cana pemberian subsidi kendaraan bermotor. Dia menegaskan, pemberian subsidi tersebut tidak urgent.

“Ini mah yang untung pengusaha motor listrik. Mending uangnya buat petani atau nelayan,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense