BREAKING NEWS
 

Ketahuan Simpan Duit Di Ajudan

Ferdy Sambo Enggan Isi Rekeningnya Diintip KPK

Reporter : ASEP GAMPANG
Editor : RIFFMY
Selasa, 13 Desember 2022 07:30 WIB
Terdakwa Ferdy Sambo menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (8/11/2022). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ferdy Sambo tak kunjung melengkapi laporan kekayaannya hingga dipecat dari kepolisian. Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri itu diduga enggan isi rekeningnya diintip.

“Yang bersangkutan belum menyampaikan surat kuasa untuk klarifikasi,” ujar Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata.

Dengan surat ini, KPK bisa meminta laporan rekening koran Ferdy Sambo dari bank maupun lembaga keuangan. Data dari bank atau lembaga keuangan itu akan dibandingkan dengan laporan kekayaan yang disampaikan Sambo.

Baca juga : Airlangga Ingin Rebut Ekonomi Digital ASEAN

Lantaran belum melakukan klarifikasi data itu, KPK tidak mengumumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) atas nama Ferdy Sambo.

Kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat telah menguak harta kekayaan Sambo. Jenderal bintang dua itu memiliki rumah mewah di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Rumah berlantai tiga itu dilengkapi lift.

Istri Sambo, Putri Candrawati memiliki koleksi tas mewah dan ruang penyimpanan khusus di rumah ini.

Baca juga : Praktisi Hukum Ini Sebut Bisa Jadi Tindakan Ferdy Sambo Spontan Jika…

Beberapa mobil mewah terparkir di rumah yang terletak di Jalan Saguling III Kompleks Pertambangan, Duren Tiga itu.

Di persidangan kasus kematian Brigadir Yosua terkuak fakta bahwa Sambo menggunakan rekening ajudan untuk menyimpan uang.

Brigadir Kepala (Bripka) Ricky Rizal mengaku sudah menjadi ajudan sejak Sambo menjabat Kapolres Brebes.

Baca juga : Persiapan Cuma Sebulan, Tim Bola Tangan Indonesia Raih Perunggu Di Thailand

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Brebes itu mengungkapkan pernah disuruh membuka rekening oleh Sambo. Rekening itu untuk transaksi pembelian kendaraan bermotor. Juga untuk biaya game anak Sambo. Dana di rekening ratusan juta.

Ketika Sambo dimutasi ke Mabes Polri, Ricky ikut mendampingi. Begitu juga ketika Sambo menduduki jabatan Kepala Divisi Propam Polri.

Adsense

Ricky menjadi ajudan senior. Ricky menuturkan diminta membuka rekening di BNI Cabang Cibinong. Ricky lalu menyetorkan dana Rp 400 juta ke rekening ini. Uangnya dari Sambo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense