BREAKING NEWS
 

Tak Mau Nyalon Lagi Di 2024

Kiai Ma’ruf Sadar Diri

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : ADITYA NUGROHO
Sabtu, 14 Januari 2023 08:00 WIB
Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin saat membuka acara Ijtima’ Ulama Nusantara di kawasan Jakarta Pusat, kemarin. (Foto: Twitter @Kiyai_MarufAmin).

 Sebelumnya 
Kemunculan Ma’ruf dinilai cukup efektif mengonsolidasi kelompok Islam, khususnya dari NU yang sempat terbelah oleh politik identitas yang cukup dalam saat itu. Sehingga pasangan Jokowi-Ma’ruf pun menang.

Apakah Ma’ruf masih punya kans untuk nyapres lagi? Hitungan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno ada 3 variabel yang bisa menjelaskan bahwa sosok Kiai Ma’ru sudah tidak relevan lagi masuk dalam bursa pencapresan.

Pertama, dari personal sudah menyatakan tidak ingin maju lagi di Pilpres 2024. Kedua, dari sisi elektabilitas memang tidak muncul signifikan. Dan ketiga, memang tidak adanya dukungan politik dari partai.

Baca juga : Tak Ikut Cawe-cawe, Kiai Ma'ruf Tahu Diri

“Karena semua partai sekarang ingin menjagokan jagoannya masing-masing. Dulu mungkin bisa jadi Cawapres karena ada PPP dan PKB yang terlihat solid untuk usung Kyai Ma’ruf menggantikan Mahfud yang sempat digadang-gadang mendampingi Jokowi,” kata Adi dalam obrolan dengan Rakyat Merdeka tadi malam.

Di Pilpres 2019, Ma’ruf muncul sebagai Cawapres Jokowi secara tiba-tiba di momentum yang tepat. “Karena butuh Kyai Maruf untuk mengonsolidasi dukungan dari kalangan NU,” tambahnya.

Keputusan Ma’ruf untuk tidak nyalon lagi di Pilpres 2024 didukung oleh warga dunia maya. Di Twitter, akun @ba2buih mengaku bersyukur Kiai Ma’ruf tidak maju lagi di Pilpres 2024. “Alhamdulillah... Kalau ada juga niat, yang ngusung juga ndak ada ya Mbah,” sindirnya. “Iyo wes nah sholawatan mbi leye-leye ae nok omah, jok aneh-aneh mbah,” saran @bmn_ya.

Baca juga : Sandi Mending Out

Akun @olivia_aletea juga sepakat dengan keputusan Ma’ruf tidak maju lagi di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, Ma’ruf lebih dibutuhkan kehadirannya di Pesantren.

“Kalau cuma jadi pajangan demi politik identitas dan gak ngapa-ngapain mending gak usah ih Pak. Dah lebih bermanfaat dia ngajar aja di pesantren,” komentarnya. “Dari dulu harusnya kaga usah ikut pak. Anda netral saja jadi negarawan,” kesal akun @AkbarGin.

Namun, ada juga warganet netizen yang justru kepingin Ma’ruf kembali maju di Pilpres 2024. Akun @happy_twittboy mengaku kepincut melihat foto Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri jalan beriringan dengan Ma’ruf Amin di acara HUT emas ke 50 PDIP belum lama ini. Menurutnya Mega-Ma’ruf bisa jadi pasangan serasi di Pilpres 2024 nanti.

Baca juga : Tinjau Banjir Semarang, Ganjar : Kita Harus Siaga Penuh

“Photo sudah pas, menurut saya Prof. Dr (HC) Megawati Soekarno cocok berpasangan dengan Prof. KH. Ma’ruf Amin untuk pilpres 2024,” tulisnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense