Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ogah Maju Pilkada DKI 2024

Heru: Pj Gubernur Saja Sudah Berat

Jumat, 16 Desember 2022 07:50 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tidak akan terjun di arena Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2024. Dia mempersilakan seluruh kontestan yang ingin berlaga di pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Itu nanti, (Pilkada) 2024 serah­kan kepada yang kepengin (jadi Gubernur) saja,” kata Heru di Gedung Pola Bappeda, Balaikota Jakarta, kemarin.

Heru mengaku, tugasnya se­bagai Pj Gubernur DKI Jakarta sudah sangat berat. Meski hanya bertugas sebagai Pj, banyak tanggung jawab, kebijakan dan keputusan yang harus diambil.

Berita Terkait : Pj Gubernur Jakarta Gercep Tangani Banjir

Karenanya, dia akan fokus menjalankan amanah sebagai Pj Gubernur dengan sebaik-bai­knya. “Saya akan melaksanakan tugas ini sampai selesai, sebagai amanat,” ucapnya.

Heru mengakui, banyak pihak yang mempertanyakan soal keinginan atau persiapan dirinya maju di Pilkada DKI 2024. Salah satunya, dari Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata.

“Pak Alex tanya, maju apa tidak (di Pilkada DKI)? Saya jawab, jadi Penjabat Gubernur ajasu­dah susah, berat,” katanya.

Berita Terkait : Jerman Tersingkir, Oziel Mendadak Tenar

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Sunardi menjelas­kan, tahapan yang saat ini se­dang berjalan adalah tahapan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres), bu­kan Pilkada.

Menurut dia, pihaknya tengah fokus melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 dan pen­didikan pemilih.

Dia berharap, para pemilih, khususnya pemilih muda dan pemilih dari kaum prempuan, mau menyebarkan informasi terkait tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat luas. Dengan begitu, masyarakat dapat menge­tahui informasi lebih awal ten­tang tahapan Pemilu.

Berita Terkait : Ini Bantahan Pj Gubernur Banten

“Biasanya, masyarakat umum hanya memperhatikan Pemilu menjelang pencoblosan. Padahal, ada banyak tahapan pan­jang yang harus dilalui untuk sampai pada hari pencoblosan Pemilu,” ujar Sunardi. ■