Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kalau Gagal Dalam Pilpres 2024

Anies Masih Mungkin Ikut Pilkada DKI Lagi

Senin, 24 Oktober 2022 07:50 WIB
Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan masih memiliki peluang terjun kembali pada Pilkada DKI Jakarta 2024, meski sudah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden (bacapres) dari Partai NasDem. Kondisi ini terjadi bila Anies gagal dalam Pilpres.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif dari Indonesia Political Institute (IPI) Karyono Wibowo kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Puan Dikalahkan Prabowo

Karyono menyampaikan, adanya jeda yang panjang antara Pemilu dengan Pilkada 2024 membuat para capres maupun caleg yang gagal, berpeluang maju Pilkada 2024.

Situasi ini semakin memungkinkan, karena tidak ada laranganbagi capres atau caleg yang ga­gal di Pemilu maju di Pilkada.

Baca juga : Target Inflasi Pangan Di Bawah 5 Persen Masih Masuk Akal

Selain undang-undang, kata Karyono, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang syarat pencalonan di Pikada, juga tidak mengatur larangan capres atau caleg gagal di Pilkada. Ini peluang bagi mereka terjun di Pilkada.

“Imbas adanya kekosongan aturan bagi kandidat yang gagal maju di Pilkada, akan mencipta­kan banyak manuver politik. Tidak terkecuali di kontestasi Pilkada DKI Jakarta,” kata Karyono.

Baca juga : SBY Sebut Pilpres Diatur 2 Paslon, Mahyudin: Perlu Data Dan Bukti

Menurut Karyono, selaku mantan Gubernur DKI, Anies bisa bermanuver dengan terjun kembali di arena Pilkada DKI, bila memenuhi syarat. Misalnya, mendapat dukungan partai atau gabungan partai politik, atau maju dari jalur perseorangan.

“Bila perhitungannya seperti itu, maka Anies bisa saja maju lagi,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.