BREAKING NEWS
 

SBY Bertemu Jokowi

Semua Senang, Semua Dukung

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : ADITYA NUGROHO
Rabu, 4 Oktober 2023 07:50 WIB
Presiden Jokowi (kanan) dan Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Senada disampaikan Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief. Kata dia, dalam pertemuan itu SBY bukan dalam posisi sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. Pertemuan Jokowi dan SBY adalah pertemuan antara presiden yang pernah memerintah dan sedang memerintah.

“Level pembicaraan beyond soal partai dan pemilu,” kata Andi Arief, kemarin.

Sejumlah elite partai politik menyambut baik Pertemuan Jokowi dan SBY. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ikut memberikan apresiasi atas pertemuan itu. Politisi asal Yogyakarta itu mengatakan, dengan pertemuan itu kedua pemimpin bisa bertukar gagasan soal nilai kebangsaan dalam menjalankan pemerintahan yang sekarang.

Baca juga : Jokowi-SBY Sebarkan Politik Teduh Dan Sejuk

“Ya pertemuan di antara pemimpin suatu hal yang baik. Apalagi SBY adalah sosok presiden keenam dan pak Jokowi presiden ketujuh,” ujar Hasto markas Banteng, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, pertemuan ini juga menunjukkan ada tradisi silaturahim antara para pemimpin yang perlu dilanjutkan. Soal kemungkinan Demokrat masuk kabinet, Hasto menilai kemungkinan itu sangat kecil. Menurut dia, dengan koalisi yang ada saat ini sudah cukup untuk menuntaskan segala program yang dicanangkan Jokowi sampai habis masa jabatan.

Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo ikut memberikan pujian atas pertemuan Jokowi dan SBY. Menurut dia, partainya juga akan menyambut baik jika Demokrat memutuskan bergabung dalam partai koalisi pemerintah. Meskipun kata dia, kemungkinan itu kecil. “Kecuali ‘ada sesuatu banget’ sehingga Demokrat memutuskan merapat,” kata Drajad, kemarin.

Baca juga : Bicara Pilpres, Jokowi: Suasana Mulai Menghangat

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad ikut memberikan acungan jempol atas pertemuan itu. “Pertemuan-pertemun antar tokoh bangsa itu hal yang baik. Presiden yang sedan menjabat dan yang sebelumnya bertemu itu hal yang patut diapresiasi,” kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Di dunia maya, warganet ikut senang dengan pertemuan 2 tokoh bangsa itu. Akun @papanyaarin mengaku senang melihat pertemuan Jokowi dan SBY. Menurut dia, pertemuan para elite ini bisa bikin adem yang di bawah. “Nah kalo akur gini kan enak. Adem,” cetusnya. Akun @Danu_danu ikut mengangkat topi. Kata dia, semua pemimpin ada plus minusnya. SBY misalnya unggul dalam hal pertumbuhan ekonomi. Sementara Jokowi ada pembangunan infrastruktur yang massif. Kedua keunggulan itu bis diwariskan kepada a kepada calon pemimpin selanjutnya.

Hal yang sama disampaikan akun @dwciptobn. Menurut dia, pertemuan ini layak diapresiasi. Para pemimpin bangsa mesti berhubungan dan berkomunikasi dengan baik. “Masyarakat yang waras pasti pengin suasana kebatinan bangsa kita itu sejuk. Tidak ribut melulu,” pungkasnya.

Baca juga : OSO: Cerita Lucu-lucu, Ketawa-ketawa...

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 4/10/2023 dengan judul SBY Bertemu Jokowi, Semua Senang, Semua Dukung

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense