Dark/Light Mode

UNPERBA-Keimyung University Jalin Kerja Sama, Bamsoet Dukung Penuh

Kamis, 21 September 2023 21:39 WIB
Kunjungan Ketua MPR sekaligus Pendiri/Ketua Dewan Pembina UNPERBA Bambang Soesatyo (tengah) ke Keimyung University Daegu, Korea Selatan, Kamis (21/9). (Foto: Istimewa)
Kunjungan Ketua MPR sekaligus Pendiri/Ketua Dewan Pembina UNPERBA Bambang Soesatyo (tengah) ke Keimyung University Daegu, Korea Selatan, Kamis (21/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) berencana menjalin kerja sama dengan Keimyung University Daegu, Korea Selatan. Rencana ini didukung penuh Ketua MPR sekaligus Pendiri/Ketua Dewan Pembina UNPERBA serta Ketua Indonesia-Korea Network Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Keimyung University merupakan salah satu universitas tertua di Korea Selatan yang didirikan pada 1899 serta memiliki Rumah Sakit Dongsan Hospital. Keimyung University berencana membuka kampus di Indonesia, dengan menjajaki kerja sama melalui UNPERBA. Selain juga akan membangun kerja sama pertukaran pelajar, dosen, teknologi, dan penelitian.

“Melalui berbagai kerja sama tersebut, diharapkan dapat terjalin Sister University antara Keimyung University dengan UNPERBA," ujar Bamsoet, di Kampus Keimyung, usai bertemu Rektor serta jajaran Keimyung University, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Korea Selatan, Kamis (21/9).

Baca juga : UNPERBA-Yeungnam University Teken MoU, Disaksikan Bamsoet

Jajaran Keimyung University yang hadir antara lain, Rektor/President Synn Ilhi, Wakil Presiden Hubungan Internasional Kim Seon Jung, Dekan Hubungan Internasional Park Sung Ho, serta Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Internasional Jung Sang Hee. Sedangkan Bamsoet didampingi Anggota Komisi X DPR Robert Kardinal, Ketua Komite II DPD Yorrys Raweyai, Sekretaris Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia Junaidi Elvis, Rektor UNPERBA Eming Sudiana, Founder Yayasan Ali Network Indonesia Ali An Sun Guen, serta Counselor Politik KBRI Seoul Sigit Aris Prasetyo dan Ketua Gerak BS Bali Goerge.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Keimyung University memiliki banyak hubungan dengan Indonesia. Dubes Korea di Jakarta saat ini, Lee San Dok, pernah menjabat profesor tamu di Keimyung University. Selain itu, Keimyung University juga telah menerima 20 mahasiswa S2 dan S3 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Keimyung University juga telah bekerja sama dengan berbagai kampus di Indonesia untuk melakukan pertukaran pelajar. Antara lain dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Kristen Petra, serta Universitas Bina Nusantara," jelas Bamsoet.

Baca juga : UNPERBA Dapat Bantuan 100 Komputer dari DGB Bank Korsel, Bamsoet Beri Pujian

Dosen tetap Pascasarjana Universitas Borobudur ini menerangkan, dirinya mendirikan UNPERBA sebagai sumbangsih terhadap daerah pemilihannya di Kabupaten Purbalingga. UNPERBA diresmikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof Mohamad Nasir pada April 2019.

Saat ini UNPERBA membuka 2 Fakultas dan 5 Program Studi, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Program Studi S-1 Manajemen, Program Studi S-1 Akuntansi, Program Studi S-1 Agribisnis, serta Fakultas Sains dan Teknik dengan Prodi S-1 Teknik Mesin, dan Prodi S-1 Informatika.

“UNPERBAN telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan Korea Selatan di Purbalingga, serta dengan berbagai universitas yang ada di Korea. Mengembangkan kampus UNPERBA menjadi 'UNPERBA. Indonesia-Korea'," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.