Dark/Light Mode

Pesan Mendalam Jokowi Saat Membuka KTT Asia Timur Di Jakarta

Kamis, 7 September 2023 12:17 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram/jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur digelar di sela-sela perhelatan KTT ASEAN di Jakarya. Acaranya dibuka langsung oleh presiden Jokowi, pada Kamis (7/9).

Di hadapan para pemimpin negara Asia Timur yang hadir, presiden Jokowi mengingatkan tanggung jawab besar yang harus sama-sama diemban untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

"Kita semua memiliki tanggung jawab untuk tidak menciptakan konflik baru. Untuk tidak menciptakan ketegangan baru. Untuk tidak menciptakan perang baru," kata Jokowi.

"Dan di saat yang bersamaan, kita juga memiliki tanggung jawab untuk menurunkan tensi yang panas. Untuk mencairkan suasana yang beku," lanjutnya, mendalam.

Baca juga : Jokowi: Samudera Hindia Tak Boleh Jadi Tempat Konfrontasi

Ia meminta semua pemimpin negara menciptakan ruang dialog. Tujuannya, untuk menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada.

Mantan Wali Kota Solo ini menyadari, bahwa sudah banyak kata perdamaian dan stabilitas yang dikeluarkan di setiap pertemuan pemimpin negara.

Tujuannya, sebut Jokowi tidak lain untuk menunjukkan bahwa pada dasarnya, semua pemimpin negara sadar bahwa perdamaian dan stabilitas adalah kunci utama untuk mencapai kemakmuran.

"ASEAN telah bertekad untuk menjadikan kawasan ini sebagai epicentrum of growth, sehingga ASEAN akan terus bekerja, memainkan peran sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas," terangnya.

Baca juga : Manfaatkan Transportasi Umum Saat KTT ASEAN, Nih Jadwal Operasional MRT Jakarta

ASEAN, tegas Jokowi akan sangat menghargai jika KTT Asia Timur dapat menyepakati Pernyataan Tingkat Pemimpin mengenai tekad untuk terus menjadikan kawasan ini sebagai epicentrum of growth.

Dari kesepakatan tersebut, masyarakat dunia akan menilai apakah para pemimpin negara memiliki wisdom untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua.

"Saya betul-betul minta kepada seluruh Pemimpin KTT Asia Timur untuk menjadikan forum ini sebagai tempat memperkuat kolaborasi, sebagai tempat memperkuat kerja sama, bukan justru mempertajam rivalitas," harapnya.

Ia juga mengajak semua pemimpin untuk menunjukkan kebijaksanaan, agar pertemuan ini berhasil dan bermanfaat nyata bagi rakyat dunia.

Baca juga : Relawan Mas Bowo Gelar Senam Sehat Dan Bagikan Sembako Di Jabar

"Saya kembali sampaikan, disinilah masyarakat dunia akan menilai apakah kita pemimpin yang memiliki wisdom untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua," ulang Jokowi, yang kemudian dilanjutkan dengan membuka acara.

"Dan dengan ini saya nyatakan KTT Asia Timur dibuka," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam KTT Asia Timur ini ada beberapa negara yang hadir. Di antaranya; negara anggota ASEAN, Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

KTT Asia Timur pertama berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2005. Pada awal berdirinya, KTT Asia Timur terdiri dari 16 negara peserta, yaitu Negara Anggota ASEAN (minus Timor Leste), Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Baru pada KTT Asia Timur ke-6 di Bali, tahun 2011, AS dan Rusia ikut bergabung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.