BREAKING NEWS
 

Ajak Warga Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Kang Emil Layak Jadi Panutan

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : UJANG SUNDA
Kamis, 30 Juli 2020 06:38 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Instagram/ridwankamil)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadi relawan vaksin Covid-19 belum banyak peminat. Netizen justru menantang Kang Emil lebih dulu divaksin corona.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengajak warga Jawa Barat (Jabar) yang ingin menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19. Bagi yang berminat, silakan daftar ke Clinical Research Unit Dept. Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 di RSUP Hasan Sadikin. 

Baca juga : Masa Depan Indonesia Setelah Pandemi Covid-19 Ada di Desa

Meski belum disuntik vaksin, Kang Emil memastikan vaksin Sinovac aman. Pasalnya, sudah dilakukan uji klinis fase 1 dan fase 2 di China dan berhasil. “Saat ini, vaksin memasuki fase 3 yang lebih luas, melibatkan beberapa negara, termasuk Indonesia sebagai mitra,” ucapnya. 

Uji klinis itu akan melibatkan 1.620 orang relawan. Bio Farma memercayakan lembaga yang bertanggung jawab dalam uji klinis, yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. 

Baca juga : Banyak Blusukan ke Zona Merah, Terawan Rajin Test Covid-19 Sepulang Kunker

Mantan Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, pemimpin harus menjadi contoh bagi rakyatnya. “Mulailah dari diri sendiri ‘Ibda binapsik’, jadi Gubernur sebagai komando ikut menjadi relawan,” ujarnya melalui @ marzukialie_MA. 

Adsense

“Supaya rakyat bisa yakin dan percaya dengan vaksin Covid-19 dari China ini, sebelum dites ke sukarelawan maupun rakyat secara umum, alangkah baik dicoba dulu di keluarga ring 1 penguasa,” ungkap ChristWamea. “Aneh... pejabat dan penguasa yang harus jadi contoh duluan sebagai relawan. Mereka dapat gaji & fasilitas dari negara, mereka yang wajib jadi relawan,” ujar Sitajir89. 

Baca juga : DPR: Jangan Serang Pemerintah Bicaralah Sesuai Keahlian Anda!

FerensaOemry mengatakan, uji vaksin Covid-19 bisa diwakilkan oleh anggota DPRD Jawa Barat. Kata dia, para anggota DPRD tersebut yang seharusnya secara sukarela mengajukan diri menjadi relawan uji vaksin covid-19 buatan China tersebut. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense