BREAKING NEWS
 

KAMI: Dubes Palestina Sudah Diberi Tahu Ada 3 Acara, Salah Satunya Deklarasi

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MUHAMMAD RUSMADI
Kamis, 20 Agustus 2020 13:05 WIB
Prod Din Syamsuddin (tengah) bersama mantan Pangliman TNI, Jend (Purn) Gatot Nurmantyo (kiri) saat acara deklarasi KAMI. [Foto: Youtube]

RM.id  Rakyat Merdeka - Dubes Palestina telah diberi tahu, bahwa ada tiga rangkaian acara Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Salah satunya adalah deklarasi.

Pernyataan ini merupakan jawaban pihak KAMI, saat menjawab klarifikasi Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair al-Shun, yang hadir di acara tersebut. Demikian ditegaskan Ketua Komite Eksekutif KAMI, Ahmad Yani kepada wartawan, Rabu (19/8/2020).

"Saya sudah jawab, kita tidak hanya mengundang Kedutaan Besar Palestina. Tapi juga Kedutaan Amerika, Kedutaan Inggris. Seluruh kedutaan di Jakarta kita undang, secara resmi. Kita juga sudah memberitahukan, ada tiga acara di dalam undangan. Memperingati Hari Proklamasi, memperingati Hari Konstitusi dan Hari Pancasila. Juga deklarasi," ujarnya.

Baca juga : Usia Sudah Setengah Abad, Sophia Latjuba Masih Kinyis-Kinyis

Dari kedutaan besar yang diundang, lanjutnya, Dubes Palestina hadir langsung di lokasi.

Namun Yani memahami, bila ada klarifikasi dari Dubes Palestina setelah deklarasi KAMI. "Memang, dubes yang datang ada Dubes Palestina. Terus setelah itu dia pulang sebelum acara. Ya kita kan nggak bisa melarang. Kita memahami, kalau mereka ada klarifikasi. Kita harus pahami kondisi Palestina, yang saat ini sedang berada kayak begitu, kan," ujarnya lagi.

Adsense

Lebih jauh Yani menyatakan, kondisi Palestina saat ini masih membutuhkan dukungan pemerintah Indonesia. "Tentu kita tidak ingin berseberangan atau mengatakan dengan pemerintah, karena dia lagi membutuhkan dukungan pemerintah kita secara langsung. Saya kira hak yang wajar lah," terangnya.

Baca juga : Mau Duduk Bareng, AS-China Masih Diragukan Akur Dalam Waktu Lama

Seperti diketahui, sebelumnya Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun terlihat hadir di acara deklarasi KAMI, yang salah satu deklaratornya adalah Prof Din Syamsuddin. Namun kemudian pihak Kedubes Palestina menjelaskan, undangan Din adalah untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI.

"Klarifikasi tentang apa yang diberitakan media perihal Duta Besar Negara Palestina yang menghadiri undangan yang disampaikan oleh Bapak Din Syamsuddin, Ketua Persatuan Persahabatan Indonesia-Palestina," demikian bunyi keterangan Kedubes Palestina yang disampaikan kepada wartawan, Rabu (19/8).

Dalam keterangan Kedubes Palestina disebutkan, partisipasi Dubes Zuhair dalam acara Din adalah untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. Kedubes Palestina menegaskan, Zuhair al-Shun tidak berpartisipasi dalam agenda selain perayaan HUT RI ke-75 tersebut.

Baca juga : Angka Kasus Positif Di AS Tembus 2 Juta Orang, Trump Salahkan Banyaknya Tes Corona

"Kami menegaskan, partisipasi kami berdasarkan pada pemahaman, bahwa acara tersebut adalah acara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dan bukan yang lainnya," terang pihak Kedubes Palestina.

Kehadiran Dubes Palestina Zuhair al-Shun di acara KAMI sendiri tak lebih dari 10 menit. Setelah pemutaran lagu Indonesia Raya, dia kemudian Shun pulang. DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense