Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketemu Dubes India, Menhan Bahas Pertukaran Prajurit Dan Kemaritiman

Rabu, 13 November 2019 19:56 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (13/11). (Foto: Humas Kemhan)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (13/11). (Foto: Humas Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (13/11). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan berbagai upaya untuk mempererat dan meningkatkan hubungan kerja sama bilateral khususnya di bidang pertahanan yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

"Pak Dubes India tadi sempat menyampaikan keinginan India untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Indonesia khususnya di bidang pelatihan dan pendidikan, yakni melalui pertukaran siswa dan pengajar," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan (Karo Humas Setjen Kemhan) Brigjen TNI Totok Sugiharto.

Baca juga : Temui Ma`ruf, Dubes Selandia Baru Bahas Beasiswa Hingga Terorisme

Dalam pertemuan yang singkat ini, Jenderal bintang satu itu menjelaskan bahwa Dubes India juga berharap penguatan kerja sama itu menyasar ke sektor kemaritiman. Tujuannya agar kerjasama yang terjalin dapat memperbesar peran kedua negara dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan khususnya Indo-Pasifik.

"Pak Prabowo sendiri menyambut baik ajakan tersebut dan berharap kerjasama dan persahabatan antara Indonesia dan India dapat terus terpelihara dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati. Apalagi di saat seperti sekarang di mana pemerintah Indonesia juga sedang berupaya memperkuat jati diri sebagai negara maritim," jelasnya.

Baca juga : Prabowo dan Dubes Malaysia Berbincang Soal Pertahanan

Totok juga mengakui, hubungan Indonesia dan India di bidang pertahanan selama ini sudah berjalan dengan baik. Khususnya di bidang pendidikan yang sejauh ini telah melakukan pertukaran pelajar yang jumlahnya sudah mencapai ratusan.

"Sampai dengan tahun 2019, tercatat sebanyak 368 Prajurit TNI mengikuti pendidikan di India, dan sebaliknya 50 Prajurit India mengikuti pendidikan di Indonesia," akunya.

Baca juga : Ketemu Menteri Wishnutama, Dubes Tantowi Ingatkan Visi One Pacific Destination

Saat bertemu Dubes India, Prabowo didampingi Dirjen Kuathan Kemhan, Kabaranahan Kemhan, Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan dan Karo Humas Setjen Kemhan. Sementara, Dubes India didampingi Atase Pertahanan India di Jakarta.

Sebelumnya, Prabowo juga menerima kunjungan Dubes Malaysia, dan Deputy Director of FSMTC Chairman of The Russian Party of the Commission, Mr Michael Petukhor. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.