BREAKING NEWS
 

Dana Otsus Tingkatkan Pendidikan Di Papua

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : WAHYU SURYANI
Sabtu, 7 November 2020 15:13 WIB
Direktur Eksekutif Kalaway Muda Nanny Uswanas/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikan di Papua dan Papua Barat mengalami peningkatan. Hal itu dikatakan Direktur Institute Kalaway Muda Nanny Uswanas. 

Menurut dia, adanya peningkatan SDM  bidang pendidikan tak lain karena dampak dari dana otonomi khusus (Otsus) yang diberikan Pemerinta Pusat. 

"Sejauh ini dampak Otsus terhadap Tanah Papua di sektor pendidikan sudah banyak teman-teman Papua menjadi sarjana dan lainya. Mereka dapat beasiswa dari Otsus Pemerintah Pusat," kata Nanny Uswanas, saat webinar Manfaat Otsus Bagi Pendidikan dan Pengembangan Pemuda Papua, Jumat (6/11).

Baca juga : Apes, Pencuri Tinggalkan Identitas Di Rumah Korban

Bahkan, kata dia, teman-teman Papua sudah banyak yang keluar dari zona nyaman karena perkembangan zaman yang tidak terpaku menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka juga banyak yang menjadi wirausaha.

"Mereka sudah banyak yang menjadi seperti entrepreneur, Komika, YouTuber dan lain-lain. Ini dampak kebijakan dari Otsus yang sudah terlihat," kata dia. 

Adsense

Belum lagi, kata Nanny, sudah banyak anak asli Papua yang memiliki talenta yang baik. Jadi, pendidikan di Papua sudah berkembang dan mengubah mindset kaum muda anak Papua. 

Baca juga : Ini 6 Jurus Ampuh OJK Tingkatkan Imun Di Sektor Keuangan

Sementara, Tokoh Pemuda Papua Ali Kabiay mengatakan, dana Otsus dari Pemerintah Pusat untuk Papua selama ini berhasil. Otsus selama ini berjalan baik dan membangun SDM Papua di bidang pendidikan. “Otsus Papua tidak gagal," ucap Ali. 

Meski begitu, Ali mengimbau dana Otsus harus disalurkan dengan baik dan tepat sasaran bagi generasi penerus anak-anak Papua. 

Sebab, Otsus dikelola oleh Pemerintah Provinsi Papua. Sebab itu, untuk dana Otsus ini dimanfaatkan dengan baik harus ada evaluasi. 

Baca juga : Smartfren Tingkatkan Kapasitas di Paruh Kedua 2020

"Harus ada evaluasi, kenapa? supaya mengetahui kelemahan dan kelebihan di bidang pendidikan khususnya. Jadi, jangan salahkan pemerintah pusat dengan dana otonomi khususnya," jelasnya.

Ali juga menilai faktor keamanan daerah penting untuk membangun pendidikan dan SDM berkualitas di Papua. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense