Dark/Light Mode

Satgas Covid-19 Ingatkan Tips Jaga Prokes Di Tempat Wisata

Rabu, 4 November 2020 18:11 WIB
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah. (Istimewa)
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 menemukan masih banyak wisatawan dan pengelola tempat wisata yang mengabaikan protokol kesehatan alias prokes.

Temuan itu diungkapkan berdasarkan pantauan Satgas saat liburan dan cuti bersama akhir Oktober.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah menjelaskan libur panjang sudah berlalu, namun bisa jadi setiap akhir pekan ada keinginan bepergian.

Baca juga : Perangi Covid-19, Kemenkumham Gelar Swab Test Massal

Nah, berdasar evaluasi libur yang lampau ada sejumlah tips melindungi diri dan saudara. "Selalu menggunakan masker," kata Dewi dalam Dialog Satgas Penanganan Covid-19, di Grahana BNPB, Jakarta, kemarin.

Menurutnya langkah penting kedua, cek kembali destinasi yang hendak dikunjungi. Periksa apakah destinasi menyiapkan dan menjalankan protokol kesehatan.

"Tidak semua tempat rutin didisinfeksi, terlebih itu tempat umum, kita tidak tahu semua sehat atau tidak. Protokol kesehatan diterapkan atau tidak. Bila tidak kembali saja," ujarnya.

Baca juga : Satgas Ingatkan Pencegahan Covid-19 Dengan 3M Harus Sepaket

Perilaku selanjutnya yang tidak boleh dilupakan selalu jaga jarak dengan orang lain. Meskipun orang tersebut teman, saudara maupun teman dekat.

"Cuci tangan sebelum keluar dan setelah tiba. Bawa perlengkapan pribadi hand sanitizer," imbuhnya.

Bepergian di akhir pekan juga biasa dilakukan dalam beberapa jam. Dokter Dewi mengingatkan bagi muslim untuk membawa peralatan ibadah sendiri.

Baca juga : Biden Ingatkan Trump Jangan Buru-buru Klaim Kemenangan

Bahkan, bila bepergian membawa bekal, pastikan alat makan jangan berganti-gantian. Menurutnya perlu dingat juga jangan menyentuh wajah bila tidak yakin tangan dalam keadaan bersih.

"Juga perlu dipertimbangkan pula di rumah saja kalau tidak ada yang penting [saat keluar], di rumah saja jadi opsi," tegasnya.

Dokter Lula Kamal yang menjadi pemandu dalam dialog juga mengingatkan agar selalu menerapkan pesan ibu plus, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun plus menghindari kerumunan. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.